Hawaii Hancur Lebur di Amuk Kebakaran Hutan Akibat Senjata Energi Terarah?

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 22:07 WIB
loading...
Hawaii Hancur Lebur di Amuk Kebakaran Hutan Akibat Senjata Energi Terarah?
Kebakaran dahsyat yang membumihanguskan Hawaii memicu munculnya teori konspirasi tentang senjata energi terarah. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Kebakaran hutan yang menghancurkan Hawaii , Amerika Serikat (AS) memicu munculnya teori konspirasi baru dari para penyangkal perubahan iklim. Mereka menyatakan bahwa kehancuran itu didalangi oleh senjata energi terarah (DEW) pemerintah federal.

Pengguna media sosial mengedarkan foto sinar dan laser yang mereka klaim diambil dari Hawaii sebelum kebakaran mematikan minggu ini membakar bangunan bersejarah dan menewaskan sedikitnya 55 orang di pulau Maui, yang kini telah menjadi 80 orang.

"Jika kebakaran di Hawaii itu alami, ada apa ini?" satu pengguna menulis foto di jejaring sosial X, sebelumnya Twitter seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (12/8/2023).

Namun platform itu menandai postingan dengan peringatan yang berbunyi, "Gambar menangkap peristiwa yang terjadi di Michigan pada 2018, bukan peristiwa terkini di Hawaii."

"Senjata energi terarah yang digunakan di Hawaii cukup kuat untuk membakar Samudra Pasifik," kata tokoh sayap kanan online Stew Peters.



Menurut Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS (GAO), DEW melibatkan laser energi tinggi dan elektromagnetik daya tinggi lainnya yang menggunakan energi elektromagnetik terkonsentrasi untuk memerangi pasukan dan aset musuh.

Meskipun Departemen Pertahanan AS telah menghabiskan USD1 miliar setiap tahun untuk mengembangkan senjata-senjata ini untuk menjatuhkan ancaman rudal dan drone, sebuah laporan GAO April 2023 mengatakan departemen tersebut mengalami kesulitan dalam menerapkan teknologi ini di luar laboratorium karena kurangnya perencanaan transisi.

Konspirasi baru tampaknya muncul dari fakta bahwa Laboratorium Penelitian Angkatan Udara telah mengabdikan seluruh sayap untuk mengembangkan DEW untuk semua lalu lintas udara yang memotong wilayah udara dan perairan teritorial Hawaii pada tahun 2007, menurut cerita Wired.

Direktorat Energi Terarah terletak di Pangkalan Angkatan Udara Kirtland di New Mexico.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)