Terus Bertambah, Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawaii Capai 67 Orang

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 14:44 WIB
loading...
A A A
Walikota County Richard Bissen mengatakan kepada acara "Today" NBC pada hari Jumat bahwa dia tidak tahu apakah sirene berbunyi tetapi mengatakan api bergerak sangat cepat.

"Saya pikir ini adalah situasi yang mustahil," katanya.

Bencana mulai terjadi tepat setelah tengah malam pada hari Selasa ketika kebakaran dilaporkan terjadi di kota Kula, kira-kira 56 km dari Lahaina. Sekitar lima jam kemudian pagi itu, listrik padam di Lahaina, menurut warga.

Dalam pembaruan yang diposting di Facebook pagi itu, Distrik Maui mengatakan api Kula telah menghanguskan ratusan hektar padang rumput, tetapi api kecil seluas tiga hektar yang muncul di Lahaina telah diatasi.



Namun, menjelang sore itu, situasinya berubah menjadi lebih mengerikan. Sekitar pukul 15.30, menurut pembaruan distrik, api Lahaina tiba-tiba berkobar. Beberapa warga mulai mengungsi sementara orang-orang, termasuk tamu hotel, di sisi barat kota diinstruksikan untuk berlindung.

Pada jam-jam berikutnya, county memposting serangkaian perintah evakuasi di Facebook saat api menyebar ke seluruh kota.

Beberapa saksi mengatakan bahwa mereka memiliki sedikit pemberitahuan sebelumnya, menggambarkan teror mereka ketika kobaran api menghabiskan Lahaina dalam hitungan menit. Beberapa orang terpaksa terjun ke Samudera Pasifik untuk menyelamatkan diri.

Andrew Rumbach, spesialis iklim dan komunitas di Institut Perkotaan di Washington, mengatakan evakuasi Lahaina diperumit oleh lokasi pantainya di sebelah perbukitan, yang berarti hanya ada dua jalan keluar.

"Ini adalah skenario mimpi buruk," kata Rumbach, mantan profesor tata kota di University of Hawaii.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)