Zelensky Ingin NATO Tembak Jatuh Rudal-rudal Rusia

Rabu, 22 Mei 2024 - 07:06 WIB
loading...
Zelensky Ingin NATO Tembak Jatuh Rudal-rudal Rusia
Presiden Volodymyr Zelensky ingin NATO menembak jatuh rudal-rudal Rusia yang menyerang Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO-nya harus menembak jatuh rudal-rudal Rusia.

Dia juga ingin Washington dan aliansinya memberi Ukraina lebih banyak senjata, dan mengizinkan Kyiv menyerang Rusia secara langsung.

Zelensky menyampaikan hal itu kepada New York Times, pada hari terakhir masa jabatan presidennya sesuai konstitusi Ukraina--namun dia ingin memperpanjang masa jabatan tersebut selama masa darurat militer karena konflik dengan Rusia.

Dia menuntut agar negara-negara NATO menembak jatuh rudal Rusia di wilayah udara Ukraina, sambil bertanya-tanya apakah mereka terlalu takut untuk memprovokasi Moskow.



“Jadi pertanyaan saya, apa masalahnya? Mengapa kita tidak bisa menembak jatuh mereka? Apakah itu pertahanan? Ya. Apakah itu serangan terhadap Rusia? Tidak. Apakah Anda menembak jatuh pesawat Rusia dan membunuh pilot Rusia? Tidak. Jadi apa masalahnya dengan melibatkan negara-negara NATO dalam perang? Tidak ada masalah seperti itu,” kata Zelensky, Selasa (21/5/2024).

“Tembak jatuh apa yang ada di langit Ukraina,” imbuh dia. “Dan berikan kami senjata untuk digunakan melawan pasukan Rusia di perbatasan.”

Zelensky merujuk pada apa yang dilakukan AS dan Inggris pada pertengahan April, ketika Iran menargetkan Israel dengan serangan drone dan rudal.

Baik Amerika Serikat maupun Uni Eropa menolak pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa kedua situasi tersebut tidak dapat dibandingkan.

Pemimpin Ukraina itu juga memohon sistem pertahanan udara Patriot, menanyakan apakah dia bisa mendapatkan tujuh sistem pertahanan udara tersebut pada pertemuan puncak NATO di Washington.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)
pixels