Presiden Serbia: Barat Tidak Bisa Kalahkan Rusia

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 19:59 WIB
loading...
Presiden Serbia: Barat Tidak Bisa Kalahkan Rusia
Presiden Serbia Aleksandar Vucic. Foto/San Diego Union Tribune
A A A
BELGRADE - Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan semua upaya Barat untuk membantu Ukraina menang atas Rusia di medan perang sia-sia. Ia lantas menyerukan Moskow dan Kiev untuk terlibat dalam pembicaraan damai.

Berbicara kepada Happy TV, Vucic menyatakan bahwa sementara negara-negara Barat memberikan bantuan militer besar-besaran kepada Ukraina, sekarang jelas bahwa tidak ada apa-apanya, dan akhir yang mudah untuk konflik tidak terlihat.

"Perang gesekan sedang dilancarkan, dan dengan semua kekuatan Barat, Rusia tidak akan dikalahkan di medan perang," kata pemimpin Serbia itu seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (11/8/2023).

Vucic mencatat bahwa meskipun dia tidak yakin apa yang harus diperoleh Rusia secara politik, gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina akan menjadi hasil terbaik.



“Saya melihat inisiatif datang dari beberapa negara Arab, saya berharap sesuatu akan membawa kita lebih dekat ke perdamaian,” ujar presiden Serbia itu.

Ia menambahkan bahwa penghentian permusuhan juga akan menjadi kepentingan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yang siap untuk dipilih kembali dalam pemilu 2024.

“Perekonomian akan segera berkembang; harga energi akan turun drastis. Semuanya akan jauh lebih mudah. Saya pikir dia tahu bahwa masalah utama dalam pemilu AS adalah ekonomi,” ucap Vucic.

Dia juga menyatakan bahwa hal yang sama akan berlaku untuk Rusia dan Ukraina, yang menurut Vucic kehabisan tenaga, meskipun dia mencatat bahwa Moskow bertahan di bawah sanksi Barat lebih baik dari yang diperkirakan banyak orang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)