BRICS Summit 2023 Johannesburg Afrika Selatan: Jadwal dan Tema yang Diusung

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:45 WIB
loading...
A A A
Dengan absennya Putin, maka pemimpin BRICS yang dijadwalkan hadir adalah Presiden Brasil Lula da Silva, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Beberapa pemimpin dari negara-negara yang mengajukan diri sebagai anggota baru juga telah diundang.

Tema BRICS Summit 2023


Tema KTT BRICS 2023 di Johannesburg adalah: "BRICS and Africa: Partnership for Mutually Accelerated Growth, Sustainable Development and Inclusive Multilateralism (BRICS dan Afrika: Kemitraan untuk Pertumbuhan yang Saling Dipercepat, Pembangunan Berkelanjutan, dan Multilateralisme Inklusif)".


Lima Prioritas Ketua BRICS untuk Tahun 2023:


1. Mengembangkan Kemitraan Menuju Transisi yang Adil

Tidak ada bagian dunia yang tidak merasakan perubahan iklim dan cuaca ekstrem yang dramatis. Mengatasi perubahan iklim membutuhkan perubahan yang mendesak, signifikan, dan transformasional di semua sektor ekonomi. Peluang perlu dieksplorasi untuk mengelola risiko yang terkait dengan perubahan iklim sambil tetap meningkatkan kehidupan dan masa depan orang-orang yang bekerja di bawah payung industri sasaran.

2. Transformasi Pendidikan dan Pengembangan Keterampilan untuk Masa Depan

Pendidikan dan pengembangan keterampilan berkelanjutan adalah solusi jangka panjang menuju pembangunan dan keluar dari kemiskinan. Kerja sama dan inisiatif yang ada menuju penciptaan dan pertukaran pengetahuan harus diperkuat untuk membuka peluang di masa depan.

3. Membuka Peluang Melalui Area Perdagangan Bebas Benua Afrika

Area perdagangan bebas benua Afrika menciptakan lingkungan yang dapat diprediksi untuk perdagangan dan investasi di Afrika, khususnya dalam pembangunan infrastruktur. Anggota BRICS adalah mitra terpercaya untuk kerjasama, perdagangan dan pembangunan. Kemitraan antara BRICS dan Afrika harus fokus pada membuka peluang yang saling menguntungkan untuk meningkatkan perdagangan, investasi, dan pembangunan infrastruktur menuju operasionalisasi Kawasan Perdagangan Bebas Benua Afrika sejalan dengan prioritas dan tujuannya.

4. Memperkuat Pemulihan Sosial-Ekonomi Pascapandemi dan Pencapaian Agenda 2030 tentang Pembangunan Berkelanjutan

Rencana dan strategi ekonomi harus dilaksanakan dengan visi menempatkan ekonomi BRICS di pusat pertumbuhan ekonomi global yang berkelanjutan. Perlu dicarikan solusi untuk percepatan implementasi Agenda 2030. Pemerataan, keadilan dan pengakuan atas tanggung jawab bersama tetapi berbeda dan kapasitas masing-masing harus mendasari tanggapan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)