BRICS Summit 2023 Johannesburg Afrika Selatan: Jadwal dan Tema yang Diusung

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:45 WIB
loading...
BRICS Summit 2023 Johannesburg Afrika Selatan: Jadwal dan Tema yang Diusung
Para pemimpin negara-negara BRICS. Blok ekonomi ini akan menggelar KTT di Johannesburg, Afrika Selatan, 22-24 Agustus 2023. Foto/BRICS Summit 2023
A A A
JAKARTA - BRICS Summit 2023 akan digelar di Johannesburg, Afrika Selatan bulan ini.

BRICS adalah kelompok negara-negara dengan ekonomi besar, yang merupakan singkatan dari nama kelima anggotanya; Brasil, Rusia, Inggris, China dan Afrika Selatan.

BRICS dibentuk untuk melawan dominasi Barat, terutama Amerika Serikat (AS) di bidang ekonomi dunia.

Blok lima negara ini telah menciptakan berbagai inisiatif ekonomi, termasuk New Development Bank (NDB) yang bertujuan untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur dan pembangunan di negara-negara anggota.



BRICS juga terkenal karena pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan potensi sebagai kekuatan global masa depan. Puluhan negara telah tertarik untuk bergabung, termasuk Indonesia.

Jadwal BRICS Summit 2023

Waktu

BRICS Summit atau KTT BRICS akan berlangsung di Sandton Convention Centre (SCC) di Johannesburg, Gauteng, Afrika Selatan, pada 22-24 Agustus.

Pemimpin yang Hadir

Pemimpin lima negara BRICS semestinya hadir. Hanya saja, Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan tidak hadir dan diwakilkan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

Putin absen setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya atas tuduhan melakukan kejahatan perang di Ukraina. Afrika Selatan merupakan anggota ICC dan berkewajiban menjalankan surat perintah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)