PLA Ulang Tahun, Xi Jinping Serukan Kesiapan Tempur

Selasa, 01 Agustus 2023 - 21:05 WIB
loading...
PLA Ulang Tahun, Xi Jinping Serukan Kesiapan Tempur
PLA ulang tahun, Xi Jinping serukan kesiapan tempur. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping meminta angkatan bersenjatanegaranya untuk mempercepat modernisasi. Hal itu diungkapkannya saat berpidato jelang peringatan 96 tahun Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Dalam pidatonya, kantor berita resmi Xinhua melaporkan, Jinping mengatakan militer harus memperluas kemampuan dan kesiapan tempurnya.

"Kita perlu mendorong peralatan baru dan pasukan baru untuk mempercepat pembentukan kemampuan tempur dan mengintegrasikan ke dalam sistem tempur," kata Jinping kepada komando teater barat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat selama kunjungan Rabu lalu, Xinhua melaporkan pada hari Minggu, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (1/8/2023).

Menandai peringatan pada hari Selasa, sebuah editorial di surat kabar resmi PLA Daily mengatakan militer telah meningkatkan kemampuannya untuk melakukan tugas-tugas militer yang beragam di ruang yang lebih luas.

China telah memamerkan kekuatan militernya tahun ini, meningkatkan manuver dan latihan militer, menandakan bahwa kapal induk ketiga dan tercanggihnya akan segera memulai uji coba laut, serta mempererat hubungan militernya dengan Rusia.

Beberapa analis mengatakan bahwa langkah tersebut mencerminkan persepsi China tentang meningkatnya ancaman eksternal dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, dan Beijing menggunakan otot militernya untuk mengirim pesan politik.



"Alasannya sederhana: dunia tidak damai dan lingkungan luar yang dihadapi China terus memburuk," kata analis militer China Song Zhongping, mencatat peningkatan intensitas dan frekuensi latihan China.

AS juga memperluas pengerahan regional dan mempererat hubungan dengan sekutu lama dan teman baru - memicu seruan dari pejabat China bahwa Washington harus menghindari pantai China jika dialog antara kedua militer akan dilanjutkan.

Drew Thompson, anggota peneliti senior di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew Universitas Nasional Singapura, mengatakan kepada Reuters bahwa latihan China lebih mewakili pesan politik daripada pesan militer.

"Semua yang dilakukan PLA pada dasarnya bersifat politis," kata Thompson.

"Ketika militer China melakukan latihan, itu menunjukkan kekuatan - memberikan atau mengirim pesan ke negara lain," ujarnya.

Dimulai dengan latihan militer di selat Taiwan setelah pertemuan presiden Taiwan Tsai Ing-wen dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy pada bulan April, China telah melakukan setidaknya selusin latihan dan patroli dari Laut Jepang hingga Pasifik Barat.

Di laut, China sedang mempersiapkan kapal induknya untuk memperluas dan menegaskan kekuatannya di luar perairan asalnya. Meskipun mereka tetap dalam mode pelatihan, Beijing telah mengerahkan Shandong lebih jauh ke Pasifik daripada pelayaran sebelumnya.



Atase dan analis militer regional akan meneliti uji coba laut yang diharapkan dari kapal induk Fujian yang lebih canggih untuk tanda-tanda kemajuan teknologi dan operasional.

Stasiun televisi China, CCTV, pada bulan Juni mengatakan bahwa uji coba laut akan dimulai "segera" tetapi belum ada tanggal yang ditetapkan.

Di langit, China memperkuat kemampuan jarak jauhnya.

Video yang diposting online menunjukkan jet tempur siluman J-20 China lepas landas dengan mesin WS-15 produksi dalam negeri, South China Morning Post melaporkan pada awal Juli, sementara laporan lain mengatakan mesin baru itu akan menempatkan pangkalan militer AS di Korea Selatan, Jepang, dan Guam dalam jangkauan J-20.

China telah bekerja selama beberapa dekade untuk membangun mesin jet berperforma tinggi yang dapat bersaing dengan model Barat dan Rusia, tetapi kemampuan WS-15 tidak diketahui publik.

Varian pengisian bahan bakar pesawat kargo jarak jauh Y-20 juga ditampilkan dalam formasi dengan jet tempur dalam pertunjukan udara baru-baru ini.

“Ini memberikan sinyal positif bahwa angkatan udara China dapat melakukan pelatihan laut jauh dan kemampuan tempur sistematis dan jarak jauhnya semakin kuat dan kuat,” kata media pemerintah mengutip Shi Yunjia, seorang pilot J-20, minggu lalu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)