China Diklaim Jadikan Keluarga Aktivis Uyghur sebagai Sandera

Senin, 31 Juli 2023 - 16:36 WIB
loading...
China Diklaim Jadikan Keluarga Aktivis Uyghur sebagai Sandera
Keluarga aktivits Uyghur dijadikan sandera oleh Pemerintah China. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - China menekan warga Uyghur yang tinggal di luar negeri untuk memata-matai para aktivis hak asasi manusia dengan mengancam keluarga di kampung halaman. Itu merupakan taktik yang digunakan Pemerintah China untuk memecah belah perjuangan rakyat Uyghur.

Seperti diungkapkan Alim - bukan nama sebenarnya bahwa dia diliputi oleh momen ketakutan. Reuni melalui panggilan video adalah kontak pertama mereka dalam enam tahun, sejak dia melarikan diri sebagai pengungsi ke Inggris.

"Putraku tersayang," kata ibu Alim sambil berkedip, dilansir BBC. "Kupikir aku tidak akan bertemu denganmu sebelum aku mati."



Tapi itu pahit: ada orang lain yang mengendalikan panggilan itu. Seperti semua orang Uyghur - sebagian besar minoritas Muslim dari China barat laut - ibu Alim hidup di bawah pengawasan dan kontrol yang ketat. Mereka tidak pernah bisa saling menelepon secara langsung.

Sebaliknya, seorang perantara menelepon Alim dan ibunya dari dua ponsel terpisah. Dia memegang layar ponsel untuk saling berhadapan, sehingga pasangan bisa melihat gambar goyah satu sama lain - dan mendengar suara teredam dari speaker.

Alim mengatakan mereka hampir tidak berbicara, dan menghabiskan sebagian besar telepon dengan air mata.

Dia tidak tahu apakah tembok putih polos yang dia lihat di belakang ibunya ada di rumahnya di Xinjiang atau di kamp interniran, di mana pemerintah China diduga telah menahan lebih dari satu juta orang Uighur. China telah lama membantah tuduhan itu.

Tapi Alim mengatakan dia tahu kontak dengan ibunya ini harus dibayar mahal - karena pria yang menjadi perantara panggilan itu adalah seorang perwira polisi China.

Ketika petugas menelepon lagi, dia meminta Alim untuk menghadiri pertemuan para aktivis hak asasi manusia Uyghur, mengumpulkan intelijen dan menyerahkannya kembali ke negara China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)