Taiwan Dapat Bantuan Militer dari AS, China Bilang 'Gak Ngaruh

Minggu, 30 Juli 2023 - 14:05 WIB
loading...
Taiwan Dapat Bantuan Militer dari AS, China Bilang Gak Ngaruh
China akan tetap berupaya menyatukan Taiwan ke dalam wilayahnya meski baru saja mendapat bantuan militer dari AS. Foto/Ilustrasi
A A A
TAIPEI - China menuduh Amerika Serikat (AS) mengubah Taiwan menjadi "gudang amunisi" setelah Gedung Putih mengumumkan paket bantuan militer senilai USD345 juta atau sekitar Rp5,1 triliun untuk Taipei.

Kantor Urusan Taiwan China mengeluarkan pernyataan menentang bantuan militer ke Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

“Tidak peduli berapa banyak uang pembayar pajak rakyat biasa yang ... pasukan separatis Taiwan habiskan, tidak peduli berapa banyak senjata AS, itu tidak akan menggoyahkan tekad kami untuk menyelesaikan masalah Taiwan. Atau guncangkan keinginan kuat kami untuk mewujudkan reunifikasi tanah air kami,” kata juru bicara Kantor Urusan Taiwan, Chen Binhua.



“Tindakan mereka mengubah Taiwan menjadi tong mesiu dan gudang amunisi, memperparah ancaman perang di Selat Taiwan,” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari AP, Minggu (30/7/2023).

Tentara Pembebasan Rakyat China telah meningkatkan manuver militernya dalam beberapa tahun terakhir yang ditujukan ke Taiwan, mengirimkan jet tempur dan kapal perang untuk mengelilingi pulau itu.

Pada hari Minggu, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan telah melacak enam kapal angkatan laut China di dekat pulau itu.

Pemerintah Taiwan yang berkuasa, dipimpin oleh Partai Progresif Demokratik, telah meningkatkan pembelian senjatanya dari AS sebagai bagian dari strategi pencegahan terhadap invasi China.



China dan Taiwan berpisah di tengah perang saudara pada tahun 1949, dan Taiwan tidak pernah diperintah oleh Partai Komunis China yang berkuasa.

Tidak seperti pembelian militer sebelumnya, paket bantuan terbaru adalah bagian dari otoritas presiden yang disetujui oleh Kongres AS tahun lalu untuk menarik senjata dari stok militer AS saat ini — sehingga Taiwan tidak perlu menunggu produksi dan penjualan militer.

Sementara Taiwan telah membeli persenjataan senilai USD19 miliar, sebagian besar belum dikirim ke Taiwan. Washington akan mengirim sistem pertahanan udara portabel, kemampuan intelijen dan pengawasan, senjata api dan rudal ke Taiwan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)