AS Janji Bantu Tetangga Indonesia Bikin Sistem Rudal Canggih

Minggu, 30 Juli 2023 - 00:01 WIB
loading...
A A A
"Itu mungkin akan sejauh apa yang akan kita katakan tentang apa lagi yang kita lakukan sehubungan dengan kerja sama yang melibatkan ruang angkasa."

Baik Antony Blinken dan Penny Wong juga ditanya tentang nasib pendiri situs anti-kerahasiaan WikiLeaks; Julian Assange, yang menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

Wong mengatakan bahwa dia akan kembali mengangkat kasus Assange dengan orang Amerika, dan menegaskan kembali bahwa kasus tersebut telah "terlalu lama berlarut-larut".

Blinken menjawab bahwa dia memahami "kekhawatiran dan pandangan" warga Australia, tetapi pemerintah Perdana Menteri Anthony Albanese juga harus memahami posisi AS.

"Assange didakwa dengan tindakan kriminal yang sangat serius di Amerika Serikat sehubungan dengan dugaan perannya dalam salah satu kompromi informasi rahasia terbesar dalam sejarah negara kami," katanya.

"Tindakan yang diduga telah dia lakukan berisiko sangat membahayakan keamanan nasional kami, untuk kepentingan musuh kami, dan menempatkan sumber manusia yang disebutkan namanya dalam risiko bahaya fisik, risiko besar penahanan."

"Jadi, saya mengatakan bahwa hanya karena kami memahami kepekaan di sini, penting bagi teman-teman kami untuk memahami kepekaan di Amerika Serikat."

Pembicaraan diadakan saat pencarian dilanjutkan untuk empat personel Pasukan Pertahanan Australia yang hilang di Queensland Utara, dikhawatirkan tewas setelah helikopter Taipan mereka jatuh ke perairan Pulau Hamilton pada Jumat malam.

"Amerika Serikat membantu upaya pencarian dan penyelamatan dan kami akan terus membantu dengan cara apa pun yang kami bisa," kata Austin.

"Dan saya sudah memberi tahu wakil perdana menteri bahwa apa pun yang dia butuhkan, kami siap memberikan bantuan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)