10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Sabtu, 29 Juli 2023 - 21:55 WIB
loading...
10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis
Festival tomat menjadi perayaan tradisi yang unik. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Festival menjadi acara populer yang lahir dari adat istiadat atau ritual keagamaan. Itu bisa berarti segalanya mulai dari bersenang-senang hingga bertemu teman, mengenal orang baru, mentraktir anak-anak, dan banyak lagi.

Namun demikian, tak sedikit festival yang aneh dan unik. Itu juga tidak bisa dilepaskan dari tradisi yang melekat di mana festival tersebut dilaksanakan.

Berikut adalah 10 festival unik dunia yang sulit dipercaya bahwa itu benar-benar ada.

1. Festival Lumpur Boryeong – Korea Selatan

10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Foto/travel.earth

Kapan dan di mana: Juli, Pantai Daecheon

Melansir Travel.earth, festival Lumpur yang terkenal diselenggarakan setiap tahun oleh penduduk kota pesisir yang dikenal sebagai Boryeong. Kota kecil ini terletak di Provinsi Chungcheong Selatan Korea Selatan di pesisir Laut Kuning.

Di festival lumpur, orang dapat memainkan semua jenis permainan lumpur seperti kembang api lumpur, gulat lumpur, dan banyak lagi. Dipenuhi dengan kesenangan dan kesenangan dan musik, itu masuk ke daftar festival paling aneh di seluruh dunia.


2. La Tomatina – Spanyol

10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Foto/travel.earth

Kapan dan di mana: Agustus, Buñol

Pertarungan Makanan Terbesar Dunia, La Tomatina adalah festival berantakan yang diadakan setiap tahun pada hari Rabu terakhir bulan Agustus. Ribuan orang datang dari seluruh penjuru dunia untuk ikut serta dalam salah satu festival paling gila yang pernah disaksikan umat manusia.

Tepat pukul 11:00 banyak truk mengangkut berton-ton tomat yang terlalu matang ke pusat kota, Plaza del Pueblo. Dari sini mulailah perkelahian epik selama satu jam di mana orang saling melempar tomat. Sebelum tahun 2013, partisipasi dalam pertarungan tomat gratis, tetapi untuk membatasi jumlah orang menjadi hanya 20.000, tiket resmi telah diperkenalkan.

3. Cheung Chau Bun – Hong Kong

10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Foto/travel.earth

Kapan dan di mana: Mei, Cheung Chau

Biasanya dikenal sebagai tujuan wisata bagi para penggila belanja, Hong Kong juga bisa dikunjungi karena beberapa alasan lainnya. Yang terpenting, festival mereka masuk ke dalam daftar festival unik dunia.

Festival Cheung Chau Bun Hong Kong dirayakan setiap tahun di bulan Mei dalam kalender Gregorian. Festival ini jatuh pada hari yang sama dengan tanggal lahir Buddha Gautama. Semangat festival dimulai beberapa hari sebelumnya.


4. Lomba Perahu Puding Yorkshire – Inggris

Kapan dan di mana: Juni, Brawby

Nah, siapa yang tidak mau semangkuk besar puding Yorkshire yang enak, bukan? Tapi bukan makan yang kita bicarakan di sini. Idenya di sini adalah tentang memasak puding Yorkshire berukuran raksasa dan mengubahnya menjadi perahu!

Pudingnya tidak akan meleleh, karena dibuat tahan air dengan pernis kapal pesiar. Jika Anda mengunjungi tempat bernama Brawby di Inggris selama ini, orang bisa melihat banyak puding perahu berlomba. Ide tersebut pertama kali dipikirkan oleh Simon Thackray, di akhir tahun 90-an.

Perlombaan Perahu Yorkshire Pudding pertama berlangsung pada bulan Juni 1999. Perlombaan ini sebagian besar diadakan pada bulan Juni atau awal Juli. Jadi idealnya festival itu bukan untuk makan, melainkan untuk balapan.

5. Kejuaraan Dunia Gitar Udara – Finlandia

Kapan & dan di mana: Agustus, Oulu

Festival aneh yang diadakan di Finlandia setiap tahun di bulan Agustus, Kejuaraan Gitar Udara adalah festival yang cukup terkenal. Bagi yang belum pernah mendengarnya, kontes aneh ini tidak mengharuskan seseorang untuk memiliki alat musik sama sekali.

Peserta dari seluruh dunia berduyun-duyun ke Finlandia untuk memainkan rock and roll imajiner, tanpa instrumen. Seluruh tujuan dari kejuaraan ini adalah untuk membawa perdamaian dunia. Seperti yang dikatakan penyelenggara, semua hal buruk akan hilang jika semua orang di dunia memainkan Air Guitar, “Make Air, and Not War”.

6. Underwater Music Festival – Florida

10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Foto/travel.earth

Kapan dan di mana: Juli, Looe Key Reef

Selama lebih dari 30 tahun musisi, penyelam, dan perenang snorkel datang ke Florida untuk merayakan Festival Musik Bawah Air. Juga dikenal sebagai UMF Tombol Bawah, ini adalah salah satu festival musik paling aneh dan unik yang memberikan suguhan visual mutlak untuk semua.

Tujuan dari festival langka ini adalah untuk merayakan eksotisme terumbu karang dan menciptakan kesadaran akan pelestariannya. Instrumen bawah air yang dipahat secara khusus digunakan untuk pertunjukan akbar. Peserta mengikuti playlist radio yang telah dipilih sebelumnya dan lagu-lagu bertema laut yang streaming langsung dari speaker bawah air.

7. Gulat Jari Kaki – Britania Raya

10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Foto/travel.earth

Kapan dan di mana: Agustus, Ashbourne

Daftar festival unik dunia tidak lengkap tanpa menyebut World Toe Wrestling Championship. Olahraga ini melibatkan dua lawan yang saling berhadapan dengan saling mengunci kaki dalam upaya untuk menjepit kaki satu sama lain, seperti halnya dengan adu panco.

Inggris Raya menginginkan semacam kompetisi olahraga yang dapat mereka sebut sebagai milik mereka, oleh karena itu kejuaraan ini. Ini jelas merupakan salah satu festival paling unik di dunia yang cukup aneh untuk menarik perhatian Anda.

8. Festival Layang-Layang Internasional, India

Kapan dan di mana: Januari, Gujarat

Festival Layang-Layang Internasional di Gujarat (Uttarayan) menandai akhir musim dingin dan awal musim panas. Banyak kota di Gujarat menyelenggarakan kompetisi layang-layang agar orang-orang terpapar sinar matahari.

Dipercayai bahwa sinar matahari membantu menghilangkan infeksi kulit dan penyakit lain yang terkait dengan musim dingin. Layang-layang adalah lembaran tipis kertas warna-warni yang direntangkan, direkatkan, dan diikat ke rangka bambu yang kenyal dan diikatkan pada seutas tali panjang. Layang-layang dari segala bentuk dan warna memenuhi langit selama ini.

9. Naki Sumo, Jepang

10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Foto/travel.earth

Kapan dan di mana: April, Kuil Sensoji

Festival Bayi Menangis Sumo Naki adalah salah satu festival unik di Jepang di mana pegulat sumo membuat bayi menangis. Secara umum, di seluruh dunia, orang melakukan apa saja untuk menghentikan bayi menangis tetapi festival ini merupakan pengecualian.

Naki Sumo adalah festival tahunan berusia 400 tahun yang menunjukkan kemampuan pegulat sumo membuat bayi menangis. Siapa pun yang berhasil membuat bayi menangis terlebih dahulu dinyatakan sebagai pemenangnya. Teriakan bayi dipercaya dapat mengusir roh jahat dan juga dapat membuat anak tumbuh kuat dan sehat.

10. Festival La Pourcailhade – Prancis

10 Festival Paling Unik di Dunia, Nomor 9 Pesumo Berlomba Membuat Bayi Menangis

Foto/travel.earth

Kapan dan di mana: Agustus, Trie-sur-BaĂŻse

La Pourcailhade Prancis juga disebut Festival Babi pasti masuk ke daftar festival paling aneh di seluruh dunia. Salah satu hewan yang paling banyak dimakan di dunia adalah babi. Anda dapat menikmati hidangan tanpa akhir dengan babi seperti Perut Babi Panggang, Salad Babi Thailand, Pork Sorpotel, Kari Coorg Pandi, dan banyak lagi.

Alih-alih menjadi festival tentang babi, ini semua tentang Babi. Anda dapat menemukan hal-hal seperti kompetisi Pakaian Babi Terbaik, perang makan sosis, dan mini market yang memiliki berbagai macam bagian babi yang dapat dimakan. Penduduk setempat berdandan dengan kuncir dan hidung untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap industri peternakan babi.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)