Tidak Ada Oposisi, PM Terlama di Asia Ini Dipastikan Perpanjang Kekuasaan

Minggu, 23 Juli 2023 - 09:43 WIB
loading...
Tidak Ada Oposisi, PM Terlama di Asia Ini Dipastikan Perpanjang Kekuasaan
Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, bersama istrinya memberikan suara pada pemilu 2023. Foto/The Sun Daily
A A A
PHNOM PENH - Pemimpin Kamboja , Hun Sen, hampir pasti akan memperpanjang kekuasaan partainya pada pemilihan umum yang digelar hari ini, Minggu (23/7/2023), di mana tidak ada penantang serius.

Pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara di Phnom Penh mengatakan kepada BBC bahwa mereka mengharapkan Partai Rakyat Kamboja (CPP) untuk menyapu kembali semua 125 kursi di parlemen.

Hun Sen, yang telah berkuasa selama 38 tahun, tidak menghadapi tantangan nyata setelah satu-satunya partai oposisi yang kredibel didiskualifikasi pada Mei.

Para kritikus menyebut pemilu itu palsu.

"Ini pemilihan yang curang karena tidak ada partai oposisi yang benar-benar kuat," kata salah satu pemilih, seorang pekerja bantuan di Phnom Penh, kepada BBC awal pekan ini.

Negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat (AS), juga telah menyatakan keprihatinan tentang integritas pemilihan umum Kamboja. Untuk memastikan jumlah pemilih setinggi mungkin ketika orang tidak ditawari pilihan nyata, pemerintah Kamboja telah mengkriminalisasi setiap upaya untuk memboikot pemilu atau merusak surat suara.

Itu terjadi ketika Hun Sen, yang memberikan suaranya di Ibu Kota pada Minggu pagi, menunjukkan sinyal paling jelas bahwa dia berencana untuk menyerahkan kekuasaan kepada putra sulungnya, Hun Manet - mungkin dalam beberapa minggu. Kepala militer telah memimpin kampanye CPP menggantikan ayahnya.



Anggota parlemen oposisi tahun ini telah melaporkan serangan kekerasan, dengan Human Rights Watch melaporkan pemerintah meningkatkan intimidasi dan penangkapan sewenang-wenang terhadap oposisi politik menjelang pemungutan suara.

Pada bulan Mei, pemerintah melarang partai oposisi utama negara itu, Partai Cahaya Lilin, karena masalah teknis. Komisi Pemilihan Nasional mengatakan partai tersebut kehilangan dokumen, yang tidak diperlukan untuk pemilihan lokal tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)