5 Fakta tentang Hun Manet, Penerus Kekuasaan PM Kamboja Hun Sen

Sabtu, 22 Juli 2023 - 19:27 WIB
loading...
5 Fakta tentang Hun Manet, Penerus Kekuasaan PM Kamboja Hun Sen
Hun Manet akan melanjutkan kekuasaan ayahnya, PM Kamboja Hun Sen. Foto/Reuters
A A A
PHNOM PENH - Saat Hun Manet, putra sulung Perdana Menteri lama Hun Sen, mengakhiri kampanye Partai Rakyat Kamboja (CPP) yang berkuasa pada Jumat, ayahnya mengisyaratkan bahwa putranya, lulusan West Point, bisa menjadi perdana menteri tepat setelah pemilihan hari Minggu tanpa lawan.

Dalam sebuah wawancara video dengan TV Phoenix China, yang dirilis Kamis, perdana menteri mengatakan ada dua kandidat utama untuk partai yang berkuasa—dia sendiri dan Hun Manet.

“Mungkin juga hanya dalam tiga atau empat minggu, Hun Manet bisa menjadi perdana menteri. Mari kita lihat apa yang orang lain katakan,” kata Hun Sen, yang telah berkuasa selama 38 tahun dan akan berusia 71 tahun bulan depan.

“Saya yakin Manet lebih kompeten dari saya,” katanya kepada Phoenix TV. “Dia akan melayani orang-orang lebih baik dari saya.

“Saya orang yang membuat pengorbanan terbesar. Saat ini, saya memiliki kekuatan mutlak, tetapi dalam waktu sekitar satu bulan, saya tidak akan memiliki kekuatan untuk menandatangani tagihan apa pun dengan cara yang sama seperti yang saya lakukan hari ini,” kata Hun Sen, yang semakin dekat ke China. Dia menambahkan bahwa pergantian itu dalam pertimbangan “bukan untuk anak saya” tetapi karena keluarganya perlu terus menjaga perdamaian di negara Asia Tenggara itu.

Hun Manet telah lama dilihat sebagai penerus ayahnya, tetapi komentar Hun Sen ke Phoenix TV menandai pertama kalinya garis waktu dikaitkan dengan transfer kekuasaan.

Pada tahun 2021, Hun Sen berkata, “Saya masih berdiri, jadi apa gunanya anak saya menjadi perdana menteri? … Kemungkinan [premiership]-nya tidak sebelum 2028. Kemungkinan besar terjadi antara 2028 dan bahkan 2030. Dia harus menunggu.”


Berikut adalah 5 fakta terkait Hun Maret, calon PM Kamboja mendatang yang menggantikan ayahnya, Hun Sen.

1. Lulus Akademi Militer AS

5 Fakta tentang Hun Manet, Penerus Kekuasaan PM Kamboja Hun Sen

Foto/Reuters

Hun Manet adalah lulusan tahun 1998 dari Akademi Militer AS di West Point. Dia juga menyelesaikan pekerjaan pascasarjana di bidang ekonomi, mendapatkan gelar master dari Universitas New York pada tahun 2002 dan gelar doktor dari Universitas Bristol pada tahun 2008.

Hun Manet sekarang menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat Kerajaan Kamboja. Jenderal bintang empat itu juga merupakan wakil panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)