Tentara Sudan Bentrok dengan Paramiliter RSF di Darfur, Satu Keluarga Jadi Korban

Minggu, 23 Juli 2023 - 08:42 WIB
loading...
A A A
Konflik telah menempatkan panglima militer Abdel Fattah al-Burhan berhadapan dengan mantan wakilnya Mohamed Hamdan Daglo, komandan paramiliter RSF.

Pertempuran di Darfur, kubu RSF, baru-baru ini terkonsentrasi di sekitar Nyala, setelah bentrokan brutal di el-Geneina di mana PBB melaporkan kekejaman.

Pertempuran juga berlanjut di dalam dan sekitar Khartoum. Penduduk melaporkan pada hari Sabtu serangan udara pertama tentara di desa-desa di utara negara bagian Gezira, tepat di selatan ibu kota.

Lahan subur antara sungai Nil Putih dan Nil Biru sekarang menampung beberapa ratus ribu dari sekitar 3,3 juta orang yang terlantar akibat perang.

Jika pertempuran meluas ke Gezira, mereka mungkin terpaksa melarikan diri lagi.



Para pekerja kemanusiaan yang mendukung mereka juga harus pindah, tetapi takut akan banyaknya tantangan birokrasi dalam merelokasi operasi mereka.

Para ahli mengatakan kedua pihak yang bertikai ingin melihat medan perang meluas.

“RSF telah memegang kendali di Khartoum sejak hari-hari awal perang, tetapi keuntungan itu semakin terlihat,” kata kelompok pemikir International Crisis Group (ICG).

Tentara Sudan pada 15 Juli melancarkan serangan besar di Khartoum Utara, kata ICG, meratakan seluruh lingkungan pinggiran kota dengan serangan udara, tetapi gagal secara spektakuler.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)