Tentara Sudan Bentrok dengan Paramiliter RSF di Darfur, Satu Keluarga Jadi Korban

Minggu, 23 Juli 2023 - 08:42 WIB
loading...
Tentara Sudan Bentrok dengan Paramiliter RSF di Darfur, Satu Keluarga Jadi Korban
16 warga sipil tewas dalam bentrokan tentara Sudan dan paramiliter RSF di Darfur. Foto/Ilustrasi
A A A
KHARTOUM - Setidaknya 16 warga sipil dilaporkan tewas dalam baku tembak roket antara tentara Sudan dan paramiliter Pasukan Pendukung Cepat (RSF) di wilayah Darfur yang dilanda perang. Darfur telah menyaksikan beberapa kekerasan terburuk sejak pertempuran dimulai pada pertengahan April.

Pada hari Sabtu, serikat pengacara lokal mengatakan pertempuran itu terjadi di kota Nyala, Ibu Kota negara bagian Darfur Selatan.

Asosiasi Pengacara Darfur mengatakan bahwa pertempuran itu menyebabkan 16 warga sipil tewas, termasuk seluruh keluarga, yang kehilangan semua anggotanya kecuali satu orang, yang menderita luka-luka.

Ada juga laporan tentang penembak jitu yang menargetkan orang-orang di Darfur Barat, termasuk Ibu Kotanya el-Geneina, dekat Chad, dan puluhan ribu penduduk telah melarikan diri melintasi perbatasan.

Setidaknya satu orang tewas oleh penembak jitu, tambah Asosiasi Pengacara Darfur

“Ribuan orang terus melarikan diri dari wilayah Darfur Barat dan mencoba mencapai perbatasan ke negara tetangga Chad. Itu di Darfur Barat di mana kami telah melihat peningkatan kekerasan yang tinggi dengan para pengungsi yang tiba di Chad, mengatakan bahwa mereka telah menjadi sasaran milisi yang bersekutu dengan RSF berdasarkan etnis mereka,” lapor jurnalis Hiba Morgan dari Al Jazeera.

“Asosiasi Pengacara Darfur juga khawatir pertempuran akan meluas dan mencakup bagian lain Darfur selatan. Telah terjadi pertempuran di sana sebelumnya. Warga sipil telah terjebak dalam baku tembak tetapi kali ini, asosiasi tersebut mengatakan bahwa bahkan para pengungsi atau orang terlantar yang berada di kamp-kamp selama 20 tahun di Darfur dapat menjadi sasaran karena kekerasan terus berlanjut,” imbuh Morgan, seperti disitir dari media yang berbasis di Qatar itu, Minggu (23/7/2023).



Pertempuran di wilayah yang luas itu, yang telah dirusak oleh konflik brutal di awal tahun 2000-an, telah meningkat sejak pertengahan April ketika para jenderal Sudan yang saling bersaing mulai bersaing memperebutkan kekuasaan.

Perang, yang pecah di Ibu Kota Khartoum pada 15 April dan menyebar ke Darfur akhir bulan itu, telah menewaskan sedikitnya 3.000 orang di seluruh Sudan, menurut perkiraan konservatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)