Myanmar Mengaku Sudah Kirimkan Bantuan bagi Kaum Rohingnya

Rabu, 23 November 2016 - 17:31 WIB
Myanmar Mengaku Sudah Kirimkan Bantuan bagi Kaum Rohingnya
Myanmar Mengaku Sudah Kirimkan Bantuan bagi Kaum Rohingnya
A A A
JAKARTA - Pemerintah Myanmar mengaku sudah mengirimkan bantuan kemanusian ke wilayah Rakhine State, tempat komunitas Rohingya tinggal. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Muda Urusan Luar Negeri Myanmar saat melakukan perbicangan telepon dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.
Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir, perbicangan telepon itu terjadi pada Senin kemarin. Dalam perbicangan itu Retno meminta penjelasan mengenai situasi di Rakhine State.
"Mereka infomasikan kepada Menlu RI, pemerintah mereka sudah mengirimkan bantuan untuk warga di Rakhine State. Menlu tegaskan bantuan kemanusiaan harus bersifat inklusif," kata Arrmanantha.
"Selain itu juga mereka menyampaikan sudah bentuk finding mission untuk menginvestigasi adanya berbagai kejadian di Rakhine State," sambunganya pada Rabu (23/11).
Senin lalu, HRW yang mengutip citra satelit terbaru yang menunjukkan bahwa lima desa komunitas Rohingya dibakar dalam tindakan keras militer Myanmar. Selain itu, sebanyak 1.250 bangunan hancur.
Kekerasan oleh militer Myanmar terhadap komunitas Rohingya terjadi menyusul serangan oleh orang-orang bersenjata tak dikenal terhadap pos-pos militer Myanmar pada 9 Oktober 2016 yang menyebabkan tiga polisi tewas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3977 seconds (0.1#10.140)