Swedia Tidak Memiliki Kemauan Politik untuk Melarang Pembakaran Alquran

Sabtu, 22 Juli 2023 - 05:45 WIB
loading...
A A A
Wakil Perdana Menteri Ebba Busch dari Demokrat Kristen mengatakan awal bulan ini Swedia sendiri yang menentukan undang-undangnya dan tidak akan dipengaruhi oleh agama atau undang-undang negara lain.

"Swedia tidak membelakangi Islamisme. Membakar kitab suci itu tercela tapi tidak ilegal," cuitnya pada 7 Juli setelah sebuah Alquran dibakar di luar masjid Stockholm.

Perubahan undang-undang potensial apa pun yang akan membuat tindakan semacam itu ilegal juga sangat tidak mungkin disahkan karena pemerintah minoritas bergantung pada dukungan Demokrat Swedia, partai terbesar kedua di parlemen setelah pemilu tahun lalu, yang anti-imigran dan kritis terhadap Islam.

"Demokrat Swedia belum mempertimbangkan untuk memperkenalkan undang-undang semacam itu di Swedia, kami juga tidak bermaksud untuk mendukung undang-undang semacam itu jika diajukan di parlemen," kata Sekretaris Partai Demokrat Swedia Richard Jomshof kepada Reuters.

Pembakaran Alquran diizinkan di Swedia, Denmark, dan Norwegia, tetapi tidak di negara tetangga Finlandia di mana penodaan kitab suci di depan umum adalah ilegal. Swedia memiliki undang-undang serupa tetapi menghapusnya pada tahun 1970-an.

Swedia memiliki undang-undang yang melarang ujaran kebencian terhadap kelompok etnis, nasional dan agama serta orang-orang atas dasar orientasi seksual. Namun, pembakaran kitab suci sejauh ini tidak memenuhi syarat sebagai ujaran kebencian tetapi dianggap sebagai kritik yang dapat diterima.

Wartawan dan pakar kebebasan berbicara Nils Funcke mengatakan perubahan Undang-Undang Ketertiban Umum seperti yang diperdebatkan oleh pemerintah akan sangat sulit untuk diperkenalkan dan kemungkinan akan bertentangan dengan kebebasan berkumpul yang dilindungi undang-undang Swedia.

"Semoga beruntung menulis undang-undang seperti itu. Tidak akan banyak demonstrasi tersisa jika kita mendengarkan ancaman dari organisasi ekstremis di negara-negara seperti Iran atau Irak," katanya kepada Reuters.

"Dan bagaimana Anda bisa melakukan demonstrasi menentang seseorang seperti (Presiden Rusia Vladimir) Putin? Itu pasti akan membahayakan keselamatan Swedia," tambahnya.

Jajak pendapat Gallup tahun 2022 menemukan bahwa Swedia adalah negara di dunia dengan persentase penduduk tertinggi yang menyatakan mereka tidak percaya pada Tuhan. Swedia menghapus undang-undang yang melarang orang mengkritik atau mengejek agama dan keluarga kerajaan pada tahun 1970-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0880 seconds (0.1#10.140)