Dubes Ukraina untuk Inggris Dipecat Usai Kritik Zelensky

Jum'at, 21 Juli 2023 - 20:21 WIB
loading...
Dubes Ukraina untuk Inggris Dipecat Usai Kritik Zelensky
Dubes Ukraina untuk Inggris Vadym Prystaiko dipecat usai mengkritik Presiden Volodymyr Zelensky. Foto/BBC
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy memecat duta besar negara itu untuk Inggris , Vadym Prystaiko. Itu dilakukannya setelah Prystaiko mengkritik respons Zelensky atas bantuan militer Inggris.

Sebelumnya Prystaiko mengkritik tanggapan sarkastik Zelensky atas saran dari Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace bahwa Ukraina harus lebih berterima kasih atas pasokan senjata dari sekutunya.

Perselisihan dimulai ketika Wallace mengatakan kepada wartawan pada pertemuan puncak NATO di Vilnius bulan ini bahwa Inggris bukanlah layanan pengiriman Amazon untuk senjata ke Ukraina dan menyarankan Kiev dapat mengungkapkan lebih banyak "rasa terima kasih".



Dalam sebuah konferensi pers, Zelenskyy menanggapi dengan mengatakan dia tidak tahu bagaimana lagi menjelaskan rasa terima kasih Ukraina.

“Kami bisa bangun di pagi hari dan mengucapkan terima kasih kepada menteri secara pribadi,” katanya.

Pernyataan Zelensky pun dikritik oleh Prystaiko dengan menyebut janji Zelensky untuk berterima kasih kepada Menteri Pertahanan Inggris setiap pagi sebagai "sarkasme yang tidak sehat."



"Kami tidak mengharapkan siapa pun untuk berjuang untuk kami, kami hanya meminta peralatan," katanya.

"Ben dapat menelepon saya dan memberi tahu saya apa pun yang dia inginkan," katanya kepada Sky News seperti dikutip dari BBC, Jumat (21/7/2023).

Prystaiko telah menduduki jabatannya di London sejak 2020 tetapi pada hari Jumat Zelensky mengeluarkan keputusan presiden yang mengumumkan pemecatannya, mengatakan dia juga telah dicopot sebagai perwakilan Ukraina untuk Organisasi Maritim Internasional.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)