Hubungan Retak, Mohammed bin Salman Ancam Blokade UEA Lebih Buruk dari Qatar

Kamis, 20 Juli 2023 - 02:59 WIB
loading...
A A A
Ketegangan yang meningkat telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pejabat AS, yang khawatir persaingan itu dapat menghalangi upaya untuk membentuk aliansi keamanan terpadu melawan Iran, menyelesaikan perang di Yaman, dan memperluas hubungan diplomatik Israel dengan negara-negara Muslim.

Riyadh dan Abu Dhabi memiliki kepentingan yang berbeda di Yaman dan Sudan, sementara tekanan Saudi untuk menaikkan harga minyak dunia telah menimbulkan gesekan dengan UEA.

Di Suriah, Arab Saudi menjadi pusat perhatian dengan mengatur kembalinya rezim Presiden Bashar al-Assad ke Liga Arab, upaya diplomatik yang telah lama didorong oleh UEA.

Sementara itu, pemulihan hubungan diplomatik Arab Saudi dengan Iran awal tahun ini juga mengejutkan UEA.

Dorongan Arab Saudi untuk mendiversifikasi ekonominya dan mengurangi ketergantungan pada minyak juga membuatnya bersaing langsung dengan UEA.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman bertujuan untuk menarik perusahaan untuk memindahkan kantor pusat regional mereka ke Riyadh, meluncurkan pusat teknologi, dan membangun pusat wisata dan logistik, menantang posisi Dubai sebagai pusat komersial Timur Tengah dan model bisnis yang dipelihara dengan hati-hati.

Perselisihan antara kedua pemimpin meluas ke pertemuan OPEC pada bulan Oktober, ketika UEA menuduh Arab Saudi memaksanya untuk menyetujui pengurangan produksi minyak.

Emirat menyatakan kesiapan untuk menarik diri dari OPEC, yang mencerminkan rasa frustrasi mereka dengan dominasi Saudi dalam organisasi tersebut.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah melakukan upaya untuk mendamaikan kedua belah pihak, mengadakan pertemuan pada bulan Mei antara Mohammed bin Salman dan Sheikh Tahnoun bin Zayed—adik laki-laki Presiden MBZ yang juga Penasihat Keamanan Nasional UEA.

Pemimpin Saudi mengatakan kepada Tahnoun bahwa UEA tidak boleh mengganggu gencatan senjata yang dipimpin Saudi di Yaman, dan menjanjikan konsesi ke Abu Dhabi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)