Tabrakan Maut di Jalan Terpanjang Dunia, 5 Orang Tewas

Rabu, 19 Juli 2023 - 21:03 WIB
loading...
Tabrakan Maut di Jalan Terpanjang Dunia, 5 Orang Tewas
Sedikitnya 5 orang tewas dalam kecelakaan maut di jalan terpanjang di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Sedikitnya lima orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di salah satu jalan terpanjang di dunia yang menghubungi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Insiden itu melibatkan dua kendaraan dari arah berlawanan, satu dari Arab Saudi dan satu lagi dari UEA.

Dilansir dari Al Arabiya, Rabu (19/7/2023), kecelakaan itu terjadi di jalan raya yang membentang dari al-Batha ke Haradh, juga dikenal sebagai Highway 10.

Ini adalah salah satu jalan terlurus dan terpanjang di dunia, dengan panjang lebih dari 250 kilometer, terletak di Arab Saudi dan dikelilingi oleh gurun Rub al-Khali.



Kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, patroli keamanan, Pertahanan Sipil dan anggota Bulan Sabit Merah segera ke lokasi kecelakaan dan membantu mereka yang terluka.

Kendaraan yang terdaftar dari Arab Saudi membawa tujuh anggota keluarga, sedangkan mobil yang terdaftar di UEA membawa 12 anggota keluarga.

Salah satu kendaraan terbakar, melukai delapan orang.

Pangeran Saud bin Nayef bin Abdulaziz, Gubernur wilayah timur, mengarahkan otoritas setempat untuk menindaklanjuti kesehatan korban luka, menyediakan perawatan kesehatan yang memadai, dan memfasilitasi transportasi korban meninggal.



Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kematian akibat kecelakaan di jalan raya di Arab Saudi telah berkurang drastis.

“Kerajaan Arab Saudi mengurangi kematian akibat kecelakaan lalu lintas hampir 35 persen dalam lima tahun. Tingkat kematian mencapai 9.311 [28,8 per 100.000 orang] pada tahun 2016,” kata WHO.

“Pada tahun 2021 angka tersebut turun menjadi 6651 (18,5 per 100.000 orang). Pencapaian signifikan ini menempatkan negara di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan global pengurangan 50 persen kematian lalu lintas jalan pada akhir Dekade Aksi PBB ke-2 untuk Keselamatan Jalan pada tahun 2030,” kata badan PBB itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)