Iran Tembaki Kapal Tanker Minyak, AS Kerahkan Jet Tempur F-16 ke Selat Hormuz

Minggu, 16 Juli 2023 - 06:54 WIB
loading...
A A A
AS telah melihat lebih banyak kerja sama, kolaborasi, perencanaan, dan pembagian intelijen, sebagian besar antara pemimpin pasukan Quds Iran dan Rusia di Suriah, untuk menekan AS agar menarik pasukan dari Suriah.

Ada sekitar 900 pasukan AS di Suriah, dan yang lainnya bergerak masuk dan keluar untuk melakukan misi yang menargetkan militan kelompok ISIS.

AS tidak percaya pesawat Rusia berencana untuk menjatuhkan bom ke pasukan AS atau menembak jatuh pesawat Washington.

Tetapi, imbuh pejabat Pentagon, ada kekhawatiran bahwa pilot Rusia akan menjatuhkan drone MQ-9 Reaper dari langit Suriah dan bahwa Moskow yakin bahwa tindakan semacam itu tidak akan mendapat tanggapan yang kuat dari militer AS.

Sebagai contoh, pada bulan Maret, sebuah pesawat tempur Rusia menuangkan bahan bakar jet ke drone MQ-9 Reaper AS dan kemudian menabrak baling-balingnya, memaksa militer AS untuk membuang MQ-9 Reaper ke Laut Hitam.

Insiden itu meningkatkan ketegangan antara kedua negara dan memicu seruan antara kepala pertahanan mereka, tetapi tidak menimbulkan tanggapan militer langsung.

Pekan lalu, Laksamana Muda Oleg Gurinov, kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Suriah, mengatakan militer Rusia dan Suriah telah melakukan pelatihan bersama.

Dalam komentar yang disiarkan media pemerintah Suriah, dia mengatakan Moskow prihatin dengan penerbangan drone oleh koalisi pimpinan AS di Suriah utara, menyebutnya sebagai pelanggaran protokol secara sistematis—yang dirancang untuk menghindari bentrokan antara kedua militer.

Komandan militer AS dan Rusia secara rutin berkomunikasi melalui saluran telepon dekonflik yang telah dilakukan selama beberapa tahun untuk menghindari bentrokan yang tidak diinginkan di Suriah, di mana kedua belah pihak memiliki pasukan di darat dan udara.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)