Iran Tembaki Kapal Tanker Minyak, AS Kerahkan Jet Tempur F-16 ke Selat Hormuz

Minggu, 16 Juli 2023 - 06:54 WIB
loading...
Iran Tembaki Kapal Tanker Minyak, AS Kerahkan Jet Tempur F-16 ke Selat Hormuz
AS bersiap mengerahkan jet tempur F-16 ke Selat Hormuz setelah Iran menembaki kapal tanker minyak dalam upaya untuk merebutnya. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dijadwalkan mengerahkan jet tempur F-16 akhir pekan ini ke Selat Hormuz untuk patroli tempur. Langkah ini diambil setelah Iran menembaki satu dari dua kapal tanker minyak yang hendak direbutnya.

Jet-jet tempur F-16 tersebut akan memperkuat pesawat serang A-10 yang telah berpatroli lebih dari seminggu di kawasan Teluk tersebut.

Mengutip laporan France24, Minggu (16/7/2023), seorang pejabat Pentagon, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk memberikan perincian operasi militer di wilayah tersebut, mengatakan F-16 akan memberikan perlindungan udara kepada kapal-kapal yang bergerak melalui jalur Selat Hormuz dan meningkatkan visibilitas militer di daerah tersebut sebagai penghalau Iran.



Angkatan Laut AS mengatakan kru kapal-kapal Angkatan Laut Iran telah menembaki salah satu dua kapal tanker minyak yang hendak disita. Namun, kapal-kapal Teheran itu mundur ketika kapal perusak berpeluru kendali Amerika, USS McFaul, tiba di tempat kejadian.

Selain menghalau Iran, kata pejabat Pentagon tersebut, AS juga sedang mempertimbangkan sejumlah opsi militer untuk mengatasi apa yang dia sebut "agresi" Rusia yang meningkat di atas wilayah Suriah.

Menurutnya, perilaku Rusia telah memperumit upaya AS untuk menyerang pemimpin kelompok ISIS pada akhir pekan lalu.

Pejabat itu menolak untuk merinci opsi militer tersebut, tetapi mengatakan AS tidak akan menyerahkan wilayah apa pun dan akan terus terbang di bagian barat Suriah untuk misi anti-ISIS.

Menurutnya, aktivitas militer Rusia, yang frekuensi meningkat sejak Maret, berasal dari meningkatnya kerja sama dan koordinasi antara Moskow, Teheran, dan pemerintah Suriah untuk mencoba menekan AS agar meninggalkan Suriah.

Pejabat itu menambahkan bahwa Rusia bergantung pada Iran atas dukungannya dalam perang di Ukraina, dan Teheran ingin AS keluar dari Suriah sehingga dapat lebih mudah memindahkan bantuan mematikan ke Hizbullah Lebanon dan mengancam Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)