Makin Mandul, Wagner Serahkan 2.000 Peralatan Tempur ke Kremlin

Kamis, 13 Juli 2023 - 05:18 WIB
loading...
Makin Mandul, Wagner Serahkan 2.000 Peralatan Tempur ke Kremlin
Wagner menyerahkan ribuan peralatan tempur ke Kementerian Pertahanan Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner , menyerahkan 2.000 peralatan tempur berskala berat kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Kemhan Rusia mengklaim proses tersebut berjalan “sesuai rencana” dan hampir selesai.

"Inventaris tersebut mencakup ratusan senjata berat, termasuk tank tempur utama dari berbagai jenis, sistem peluncur roket ganda, artileri self-propelled dan derek, sistem antipesawat, dan kendaraan tempur lainnya," demikian keterangan Kemhan Rusia, dilansir RT.

Militer Rusia juga merilis video yang menunjukkan deretan kendaraan tempur, serta peralatan lain yang disimpan di lokasi yang dirahasiakan.



Kemhan mengklaim, puluhan kendaraan tempur yang dikirim oleh kelompok PMC “tidak pernah digunakan dalam lingkungan pertempuran. Kelompok itu juga menyerahkan lebih dari 2.500 ton berbagai macam amunisi serta sekitar 20.000 senjata api.

"Peralatan saat ini dipindahkan ke gudang untuk pemeliharaan," demikian keterangan Kemhan Rusia. Setelah itu, itu akan dipindahkan ke unit militer Rusia untuk “penggunaan yang tertentu.”

Pemimpin Wagner, Evgeny Prigozhin, akhirnya terjerat dalam konflik publik dengan Kementerian Pertahanan, berulang kali menuduhnya menahan pasokan dari kelompok tersebut. Konflik tersebut tampaknya diperburuk oleh upaya berkelanjutan untuk memasukkan kelompok sukarelawan lepas, yang aktif di bekas Donbass Ukraina selama bertahun-tahun, ke dalam struktur militer Rusia.



Itu memuncak dalam pemberontakan berumur pendek yang dilakukan oleh kelompok tersebut pada akhir Juni. Prigozhin menuduh Kemhan Rusia melancarkan serangan mematikan di kamp Wagner, bersumpah akan melakukan pembalasan, dan dalam beberapa jam merebut beberapa instalasi militer di kota Rostov-on-Don, Rusia selatan, sementara beberapa pasukan berbaris di Moskow.

Pemimpin kelompok itu akhirnya mundur keesokan harinya, dengan mediasi Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Berdasarkan kesepakatan itu, Moskow setuju untuk membatalkan kasus pidana terhadap kepala suku Wagner, dengan Prigozhin sendiri setuju untuk pindah ke Belarusia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)