Limbah Nuklir Fukushima Dibuang ke Laut, Warga Korsel Panik Beli Garam

Rabu, 12 Juli 2023 - 13:30 WIB
loading...
Limbah Nuklir Fukushima Dibuang ke Laut, Warga Korsel Panik Beli Garam
Lee Young-Min dan anak-anaknya menunjukkan produk garam dan bahan pokok lainnya yang diborong di Seongnam, Korea Selatan, 28 Juni 2023. REUTERS/Daewoung Kim
A A A
FUKUSHIMA - Terlepas dari upaya menghilangkan ketakutan publik oleh pejabat Jepang dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA), publik dunia tetap khawatir.

Jepang dan IAEA bersikeras pelepasan satu juta metrik ton air limbah radioaktif yang diolah dan sangat encer dari fasilitas nuklir Fukushima ke Samudera Pasifik adalah aman.

Kepanikan dirasakan warga Korea Selatan akibat rencana Jepang membuang air limbah nuklirnya ke laut.

Garam dilaporkan telah menghilang dari rak supermarket Korea Selatan, dengan harga bahan pokok itu melonjak sekitar 40% sejak April, menurut asosiasi produsen garam negara tersebut.

Toko-toko di seluruh negeri juga dikatakan menimbun garam karena khawatir akan krisis pasokan yang akan segera terjadi, karena penduduk setempat menimbun garam sebelum pelepasan air radioaktif Fukushima yang direncanakan ke laut.

Di rak-rak yang menampung berbagai bumbu, seperti bubuk bawang putih dan pasta cabai, terlihat ada celah di tempat garam dulu, menurut laporan media.

Satu supermarket memasang tanda toko yang bertuliskan, "Stok garam habis."

Di tengah panic buying, pemerintah Korsel memilih melepaskan garam laut dari cadangan resminya untuk menstabilkan harga garam.

Lonjakan harga garam juga dipengaruhi cuaca buruk yang mempengaruhi produksi garam.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan garam laut karena jumlah garam yang disediakan untuk Juni dan Juli sekitar 120.000 ton, di atas rata-rata produksi tahunan. Kami meminta masyarakat untuk membeli hanya jumlah yang Anda butuhkan saat membeli garam laut,” papar Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel pada bulan Juni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)