4 Fakta Pindahnya Wagner ke Belarusia

Selasa, 11 Juli 2023 - 03:07 WIB
loading...
A A A
Anton Yelizarov, yang kode perangnya adalah "Lotus," dikutip pada hari Sabtu oleh sebuah saluran di aplikasi pesan Telegram mengatakan para pejuang sekarang sedang berlibur hingga awal Agustus, atas perintah Prigozhin, sebelum pindah ke Belarusia.

3. Akan melatih tentara Belarusia


Menurut Business Insider, Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, menginginkan para komandan dari kelompok tentara bayaran Wagner untuk berbagi pengalaman mereka dengan militernya.

Kantor berita negara Belarusia Belta melaporkan bahwa Lukashenko bertemu dengan menteri pertahanannya, Viktor Khrenin, dan mengatakan kepadanya bahwa komandan Wagner dapat "membantu kami" dengan berbagi pengalaman bertempur di garis depan di Ukraina.

Alexander Lukashenko mengatakan bahwa komandan Wagner dapat "datang kepada kami dan membantu kami" dengan berbagi pengalaman mereka di Ukraina.

4. Keberadaan Wagner Membuat NATO Ketar-ketir


Negara-negara NATO di Eropa Timur memperingatkan bahwa pemindahan pasukan tentara bayaran Rusia, Wagner, ke Belarusia akan menciptakan ketidakstabilan regional yang lebih besar.

Polandia bahkan mengirimkan lebih dari 1.000 tentara ke timur negara itu pada Sabtu (8/7/2023). Itu dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran di anggota NATO bahwa kehadiran pejuang Grup Wagner di Belarusia dapat menyebabkan peningkatan ketegangan di perbatasan negara tersebut.

Sementara NATO terus memantau dengan cermat pergerakan pasukan tentara bayaran Wagner Rusia serta bos mereka, Yevgeny Prigozhin.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)