Kelompok Bersenjata Serang Kantor Polisi Iran, 6 Tewas Termasuk Polisi

Minggu, 09 Juli 2023 - 07:54 WIB
loading...
Kelompok Bersenjata Serang Kantor Polisi Iran, 6 Tewas Termasuk Polisi
Kelompok bersenjata serang kantor polisi Iran, 6 tewas termasuk polisi. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Televisi pemerintah Iran melaporkan dua petugas polisi dan empat pria bersenjata tewas ketika sekelompok orang dan pelaku bom bunuh diri menyerbu sebuah kantor polisi di kota Zahedan yang mayoritas Sunni di tenggara negara itu.

Zahedan adalah ibu kota provinsi Sistan-Baluchistan yang bergolak. Wilayah ini menjadi tempat terjadinya beberapa protes paling berdarah selama gelombang kerusuhan nasional tahun lalu yang dipicu oleh kematian seorang wanita muda Kurdi dalam tahanan polisi moralitas.

Sebuah kelompok militan yang beroperasi di daerah yang disebut Jaish al-Adl, atau Tentara Keadilan, mengaku bertanggung jawab atas serangan hari Sabtu di sebuah postingan media sosial. Kelompok itu mengatakan serangan tersebut sebagai pembalasan atas kematian pengunjuk rasa yang dibunuh oleh pasukan keamanan pada 30 September 2022.



Amnesty International mengatakan pasukan keamanan menewaskan sedikitnya 66 orang dalam penumpasan demonstran pada 30 September.

Dikatakan kantor polisi yang menjadi sasaran adalah “salah satu pelaku utama bencana Jumat Berdarah di Zahedan.”

Televisi pemerintah mengatakan "keempat teroris" tewas dalam serangan itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (9/7/2023).

Pihak berwenang memecat komandan polisi Zahedan dan kepala kantor polisi sesudahnya, dan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei mengirim delegasi untuk bernegosiasi dengan ulama Sunni Baluch yang kritis.



Molavi Abdolhamid, ulama Sunni paling terkemuka Iran dan pengkritik lama pemimpin Syiah Iran, mengutuk serangan terhadap kantor polisi itu, mendesak penduduk Baluchistan untuk menghindari tindakan yang akan menyebabkan gangguan keamanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)