Meninggalkan Afghanistan demi Masa Depan, Mantan Penerjemah Tentara Justru Tewas Ditembak di AS

Sabtu, 08 Juli 2023 - 18:45 WIB
loading...
A A A
“Saya sangat senang berada di Amerika,” kata Amini yang berusia 36 tahun mengingat perkataan temannya. "Saya aman. Anak-anak saya akan dididik di sini.”

Setelah kematiannya, perhatian kini beralih ke keluarga Ahmad Yar, dengan teman-teman dari pekerjaannya dengan militer AS dan komunitas lokal Afghanistan meluncurkan upaya penggalangan dana.

Setelah tiba di AS, Ahmad Yar awalnya menetap di utara Philadelphia, Pennsylvania. Tetapi dia memberi tahu Amini bahwa dia telah dihadang oleh orang-orang bersenjata yang meminta uang di sana.

Amini meyakinkannya untuk pindah ke Virginia, yang menurutnya akan lebih aman.



Dia mengingat Ahmad Yar sebagai seorang pria ingin membantu orang lain, bekerja berjam-jam untuk menghidupi kedua keluarganya di AS serta saudara dan orang tuanya yang masih di Afghanistan.

Kematian Ahmad Yar menjadi cerita pilu. “Ini adalah masa yang sulit bagi keluarga dan juga masyarakat,” kata Noorullah Ahmadzai, seorang tokoh masyarakat Afghanistan di wilayah Washington, DC, kepada Al Jazeera. “Tragedi ini akan memengaruhi semua orang dengan satu atau lain cara.”

Dia menambahkan bahwa cerita Ahmad Yar beresonansi dengan banyak warga Afghanistan yang telah pindah ke daerah tersebut. Hingga Juni, Departemen Luar Negeri memperkirakan bahwa 97.000 warga Afghanistan telah bermukim kembali di AS sejak September 2021.

Bahkan untuk beberapa ribu orang yang masuk dalam apa yang disebut Special Immigrant Visas (SIVs) — yang cenderung berpendidikan lebih tinggi, berbicara bahasa Inggris, dan memiliki otorisasi untuk bekerja — pindah ke AS masih berarti “memulai hidup dari nol”.

“Apa pun situasi Anda, Anda harus membayar tagihan,” kata Ahmadzai. “Tidak ada yang memberi Anda uang. Jadi cara tercepat adalah memulai akun Uber dan Lyft sehingga Anda bisa mulai menghasilkan uang.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)