Meninggalkan Afghanistan demi Masa Depan, Mantan Penerjemah Tentara Justru Tewas Ditembak di AS

Sabtu, 08 Juli 2023 - 18:45 WIB
loading...
Meninggalkan Afghanistan demi Masa Depan, Mantan Penerjemah Tentara Justru Tewas Ditembak di AS
Nasrat Ahmad Yar, mantan penerjemah tentara AS, memilih melarikan diri dari pemerintahan Taliban. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Nasrat Ahmad Yar, seperti ribuan warga Afghanistan lainnya, datang ke Amerika Serikat (AS) setelah Taliban berkuasa pada tahun 2021. Dia menggunakan visa khusus bagi mereka yang bekerja untuk militer AS.

"Penerjemah berusia 31 tahun itu membayangkan kehidupan baru di mana dia, istri dan empat anaknya - berusia 13, 11, 8 dan 15 bulan - dapat hidup aman, menghasilkan uang, bersekolah dan sejahtera," kata teman Yar, Rahim Amini kepada Al Jazeera.

Tapi mimpi Ahmad Yar tak seindah harapannya.

Meninggalkan Afghanistan demi Masa Depan, Mantan Penerjemah Tentara Justru Tewas Ditembak di AS

Foto/Al Jazeera

Sebaliknya, tak lama setelah tengah malam pada 3 Juli, Yar ditemukan tewas tertembak di dalam mobilnya, yang dia kendarai untuk perusahaan berbagi tumpangan Lyft, di sebuah lingkungan di timur laut Washington, DC.

“Dia bukan saudara kandung saya, tapi dia lebih dari itu bagi saya,” kata Amini. “Satu-satunya saat kami terpisah satu sama lain adalah ketika dia sedang tidur. Kami bekerja bersama, tertawa bersama, makan bersama.”

Kedua pria itu bertemu di Pangkalan Udara Bagram di Afghanistan selama 10 tahun tugas Ahmad Yar sebagai penerjemah untuk militer AS. Seperti Ahmad Yar, Amini melarikan diri dari negara itu setelah pengambilalihan Taliban pada Agustus 2021.



Tapi Ahmad Yar awalnya harus tetap tinggal, meski dia bersumpah untuk menjaga keluarga Amini saat mereka bersembunyi di Mazar-i-Sharif, sebuah kota yang dipertahankan oleh pasukan keamanan pemerintah di Afghanistan utara.

Mazar-i-Sharif jatuh ke kendali Taliban pada pertengahan Agustus, dan Ahmad Yar akhirnya melarikan diri ke Uni Emirat Arab. Dia kemudian berangkat ke AS.

“Saya sangat senang berada di Amerika,” kata Amini yang berusia 36 tahun mengingat perkataan temannya. "Saya aman. Anak-anak saya akan dididik di sini.”

Setelah kematiannya, perhatian kini beralih ke keluarga Ahmad Yar, dengan teman-teman dari pekerjaannya dengan militer AS dan komunitas lokal Afghanistan meluncurkan upaya penggalangan dana.

Setelah tiba di AS, Ahmad Yar awalnya menetap di utara Philadelphia, Pennsylvania. Tetapi dia memberi tahu Amini bahwa dia telah dihadang oleh orang-orang bersenjata yang meminta uang di sana.

Amini meyakinkannya untuk pindah ke Virginia, yang menurutnya akan lebih aman.



Dia mengingat Ahmad Yar sebagai seorang pria ingin membantu orang lain, bekerja berjam-jam untuk menghidupi kedua keluarganya di AS serta saudara dan orang tuanya yang masih di Afghanistan.

Kematian Ahmad Yar menjadi cerita pilu. “Ini adalah masa yang sulit bagi keluarga dan juga masyarakat,” kata Noorullah Ahmadzai, seorang tokoh masyarakat Afghanistan di wilayah Washington, DC, kepada Al Jazeera. “Tragedi ini akan memengaruhi semua orang dengan satu atau lain cara.”

Dia menambahkan bahwa cerita Ahmad Yar beresonansi dengan banyak warga Afghanistan yang telah pindah ke daerah tersebut. Hingga Juni, Departemen Luar Negeri memperkirakan bahwa 97.000 warga Afghanistan telah bermukim kembali di AS sejak September 2021.

Bahkan untuk beberapa ribu orang yang masuk dalam apa yang disebut Special Immigrant Visas (SIVs) — yang cenderung berpendidikan lebih tinggi, berbicara bahasa Inggris, dan memiliki otorisasi untuk bekerja — pindah ke AS masih berarti “memulai hidup dari nol”.

“Apa pun situasi Anda, Anda harus membayar tagihan,” kata Ahmadzai. “Tidak ada yang memberi Anda uang. Jadi cara tercepat adalah memulai akun Uber dan Lyft sehingga Anda bisa mulai menghasilkan uang.”

“Kemudian mereka menjadi cukup sibuk dengan pekerjaan itu karena menyita banyak waktu siang dan malam, akhir pekan dan malam,” katanya. “Jadi tidak ada waktu untuk benar-benar mencari pekerjaan profesional atau berjejaring untuk mengetahui karier profesional.”

Sebuah laporan tahun 2022 oleh kampanye Gig Workers Rising menemukan bahwa setidaknya 50 pengemudi pengiriman dan rideshare yang melakukan apa yang disebut "pekerjaan sampingan" dibunuh di AS antara tahun 2017 dan awal 2022.

Sementara itu, kekerasan senjata tetap meluas. Di negara dengan populasi sekitar 331 juta orang, tingkat kematian akibat senjata secara teratur menempati urutan beberapa kali lebih tinggi daripada di negara maju lainnya.

Angka itu mencapai puncaknya pada tahun 2021, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Lebih dari 48.830 orang meninggal karena luka-luka terkait senjata, jumlah yang lebih besar dari rekor tahun lainnya.

Dan sejauh ini pada tahun 2023, ada hampir 10.000 kematian terkait senjata, tidak termasuk bunuh diri, menurut Arsip Kekerasan Senjata, sebuah organisasi nirlaba yang melacak penembakan di AS.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)