Sudah Memberontak, Mengapa Bos Wagner Jadi Orang Bebas di Rusia?

Sabtu, 08 Juli 2023 - 10:53 WIB
loading...
A A A
Sementara Prigozhin belum terlihat di depan umum sejak akhir pemberontakannya, media pro-Kremlin merilis gambar minggu ini yang diklaim diambil saat penggerebekan oleh dinas keamanan Rusia di rumah Prigozhin di St Petersburg. Mereka menunjukkan batangan emas, senjata, uang tunai, dan koleksi rambut palsu yang disita.

Kyiv mengatakan bahwa Rusia bermaksud untuk membunuh Prigozhin karena pemberontakan yang gagal. Kepala intelijen pertahanan Ukraina, Mayor Jenderal Kyrylo Budanov, mengatakan Kyiv mengetahui rencana pemberontakan dan plot yang sedang berlangsung oleh badan intelijen Rusia, Dinas Keamanan Federal (FSB), untuk membunuhnya.

Klaim itu ditepis oleh Lukashenko pada hari Kamis, yang mengatakan bahwa baik dia maupun Presiden Vladimir Putin tidak ingin membunuh Prigozhin.

Dia juga menolak anggapan bahwa pemimpin Rusia itu mungkin berusaha membunuh Prigozhin di masa depan.

"Sangat bagus bahwa pihak berwenang Rusia tidak terlalu peduli dengan orang yang melancarkan pemberontakan bersenjata terhadap mereka," kata Anton Gerashchenko, penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di Twitter.

"Jadi di mana dia sebenarnya? Dengan uang, senjata, dan tentara bayaran Wagner?"

ISW menilai pada 27 Juni bahwa Putin kemungkinan telah memutuskan bahwa dia tidak dapat secara langsung melenyapkan Prigozhin tanpa menjadikannya martir karena kesalahan penanganan invasi oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Mikhail Khodorkovsky, mantan taipan Rusia yang mengasingkan diri, mengatakan kepada Newsweek bahwa Putin kemungkinan sedang "memperbaiki" masalah ini.

"Jika dia tidak menghukum siapa pun atas pemberontakan tersebut, maka rencana terjadinya pemberontakan tipe Prigozhin lainnya akan jauh lebih mungkin terjadi," kata Khodorkovsky, yang mengepalai perusahaan energi Yukos sebelum dia menghabiskan satu dekade di penjara di Rusia sampai 2013 untuk apa yang dikatakan kritikus sebagai tuduhan bermotivasi politik.

"Anda mulai menghukum orang, maka Anda tiba-tiba dapat mengetahui bahwa setengah dari tentara aktif berpihak pada Prigozhin dan kemudian dengan itu, Anda benar-benar dapat mempromosikan pemberontakan yang lebih besar dan bentrokan yang jauh lebih besar," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)