Ternyata, Tentara Bayaran Wagner Belum Berada di Barak Belarusia

Jum'at, 07 Juli 2023 - 22:07 WIB
loading...
Ternyata, Tentara Bayaran Wagner Belum Berada di Barak Belarusia
Ternyata, kelompok tentara bayaran Rusia Wagner Grup belum berada di barak Belarusia. Foto/Ilustrasi
A A A
MINSK - Belum ada seorang pun dari kelompok tentara bayaran Wagner Rusia yang mengunjungi kamp militer bekas yang ditawarkan oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko untuk digunakan kelompok itu. Hal itu diungkapkan penasihat Menteri Pertahanan Belarusia.

Di bawah ketentuan perjanjian yang ditengahi oleh Lukashenko untuk mengakhiri pemberontakan bersenjata oleh Wagner bulan lalu, pemimpinnya Yevgeny Prigozhin seharusnya pindah ke Belarusia bersama para tentaranya yang tidak ingin mendaftar ke Kementerian Pertahanan Rusia.

Tapi tampaknya kenyataan tidak sesuai dengan kesepatan ketersebut.

Ditanya apakah Wagner datang untuk melihat situs tersebut, penasihatnya, Leonid Kasinsky, mengatakan pada hari Jumat, "Mereka tidak datang, mereka tidak melihat," seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (7/72023).



Kasinsky mengatakan sekitar 300 tenda di kamp telah disiapkan untuk latihan dan tidak terhubung ke Wagner.

Sebelumnya pada hari Kamis kemarin, Lukashenko mengatakan bahwa Prigozhin berada di Rusia, dan pertanyaan tentang relokasi ribuan pejuangnya belum diselesaikan.

Dia mengatakan para tentara Wagner masih berada di kamp permanen di mana mereka telah ditempatkan sejak mereka meninggalkan garis depan, dan ia berharap untuk membahas masalah tersebut melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Lukashenko mengatakan Belarusia telah menawarkan Wagner bekas markas militer era Soviet di dekat Tsel, tetapi menambahkan bahwa Wagner memiliki visi yang berbeda untuk penempatan, yang dia tolak untuk menjelaskannya.

Kremlin mengatakan tidak melacak pergerakan Prigozhin, tetapi media yang didukung negara telah berbalik lebih tajam melawan kepala tentara bayaran dalam beberapa hari terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)