Hanya Selang Sehari, Rekor Hari Terpanas di Dunia Pecah

Kamis, 06 Juli 2023 - 04:39 WIB
loading...
Hanya Selang Sehari, Rekor Hari Terpanas di Dunia Pecah
Rekor hari terpanas dunia pecah dalam dua hari berturut-turut. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Rekor suhu dunia telah dipecahkan dalam dua hari berturut-turut saat para ahli mengeluarkan peringatan bahwa hari-hari terpanas tahun ini masih akan datang bersama catatan rekor.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Pusat Prediksi Lingkungan Nasional AS (NCEP), suhu udara global rata-rata adalah 17,18 derajat Celcius pada hari Selasa. Angka ini melampaui rekor 17,01 derajat Celcius yang dicapai pada hari Senin.



Hingga awal pekan ini, hari terpanas tercatat pada tahun 2016, saat peristiwa cuaca global El Nino terakhir. Ketika itu, suhu rata-rata global mencapai 16,92 derajat Celcius.

Pada hari Selasa, Organisasi Meteorologi Dunia, badan cuaca PBB, mengonfirmasi bahwa El Nino telah kembali. Para ahli memperkirakan bahwa, dikombinasikan dengan peningkatan panas dari pemanasan global antropogenik, hal itu akan menyebabkan lebih banyak suhu yang memecahkan rekor.

“El Nino belum mencapai puncaknya dan musim panas masih berlangsung di belahan bumi utara, jadi tidak mengherankan jika rekor tersebut dipecahkan lagi dalam beberapa hari atau minggu mendatang,” kata Dr Paulo Ceppi, dosen ilmu iklim di Institut Grantham, Imperial College London seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (6/7/2023).

Dr Karsten Haustein, seorang peneliti radiasi atmosfer di Universitas Leipzig, mengatakan: “Beberapa hari mendatang mungkin akan melihat sedikit penurunan, tetapi karena suhu global maksimum tahunan adalah pada akhir Juli, lebih banyak hari cenderung lebih hangat daripada kemarin (mengingat bahwa El Nino sekarang sedang dalam ayunan penuh)

“Kemungkinannya adalah bulan Juli akan menjadi bulan terhangat yang pernah ada, dan bersamaan dengan itu menjadi bulan terpanas yang pernah ada… artinya sejak Eemian, yang sesuguhnya sekitar 120.000 tahun yang lalu.”

Suhu rata-rata pemecah rekor dilaporkan oleh layanan Climate Reanalyzer yang diselenggarakan oleh Institut Perubahan Iklim Universitas Maine. Ini menggunakan data dari sistem prakiraan iklim NCEP untuk memberikan rangkaian waktu suhu udara rata-rata dua meter harian, berdasarkan pembacaan dari pengamatan permukaan, balon udara, dan satelit. The Guardian menghubungi Institut Perubahan Iklim untuk memberikan komentar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)