Dunia Dilanda Hari Terpanas pada 3 Juli 2023

Rabu, 05 Juli 2023 - 13:08 WIB
loading...
Dunia Dilanda Hari Terpanas pada 3 Juli 2023
Seorang wanita berjalan sambil melindungi dirinya dari sinar matahari dengan topi, masker, dan payung, di tengah peringatan gelombang panas di Shanghai, China, 4 Juli 2023. Foto/REUTERS/Aly Song
A A A
LONDON - Suhu rata-rata dunia mencapai titik tertinggi baru pada Senin, 3 Juli 2023, mencapai 17 derajat Celcius untuk pertama kalinya.

Peneliti Amerika Serikat (AS) mengatakan, rekor baru itu adalah yang tertinggi dalam rekor instrumen apa pun yang berasal dari akhir abad ke-19.

Para ilmuwan percaya kombinasi dari peristiwa cuaca alami yang dikenal sebagai El Nino dan emisi karbon dioksida yang terus menerus dari manusia mendorong peningkatan suhu panas.

Bulan lalu juga telah dipastikan sebagai bulan Juni terpanas di dunia yang pernah tercatat.

Para ilmuwan di Pusat Prediksi Lingkungan Nasional AS mengatakan, “Suhu rata-rata dunia telah mencapai 17,01 Celsius pada 3 Juli, memecahkan rekor sebelumnya 16,92 Celsius yang telah bertahan sejak Agustus 2016.”

Sejak awal tahun ini, para peneliti mengkhawatirkan kenaikan suhu di darat dan laut.



Rekor panas musim semi di Spanyol dan banyak negara di Asia telah diikuti gelombang panas laut di tempat-tempat yang biasanya tidak terlihat, seperti Laut Utara.

Pekan ini China terus mengalami gelombang panas yang berkepanjangan dengan suhu di beberapa tempat di atas 35 Celsius, sementara AS bagian selatan juga mengalami kondisi yang mencekik.

Suhu tertinggi di hari Senin adalah yang terpanas sejak pencatatan pemantauan satelit dimulai pada tahun 1979.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)