Tewaskan 140 Orang, Badai Matthew Sedang Menuju Amerika

Jum'at, 07 Oktober 2016 - 04:37 WIB
Tewaskan 140 Orang, Badai Matthew Sedang Menuju Amerika
Tewaskan 140 Orang, Badai Matthew Sedang Menuju Amerika
A A A
FLORIDA - Badai Matthew menerjang Bahama pada hari Kamis dan kini sedang menuju wilayah tenggara Amerika Serikat (AS). Badai yang membuat Presiden Barack Obama mengeluarkan status darurat untuk wilayah Florida itu telah menewaskan sebanyak 140 orang yang sebagian besar warga di Haiti.

Menurut National Hurricane Center AS, badai Matthew yang membawa angin berkecepatan 140 mph (220 km per jam) telah menuju pantai Atlantik Florida.

Badai Matthew tetap pada status kategori 4 ketika mendekati wilayah AS. National Hurricane Center seperti dikutip Reuters, Jumat (7/10/2016), menyatakan bahwa badai besar itu akan menghantam Florida hingga Jumat malam waktu setempat dan berpotensi menciptakan bencana.

Otoritas Haiti telah menyatakan, sebanyak 136 orang tewas akibat terjangan badai Matthew. Selain itu, ribuan orang mengungsi karena rumah-rumah mereka rata dengan tanah pada awal pekan ini. Empat orang dilaporkan tewas di Republik Dominika, tetangga Haiti.

Dalam pengumuman status darurat, Obama memperingatkan agar 2 juta orang di seluruh kawasan tenggara Florida untuk mengungsi. Badai Matthew dianggap badai paling kuat yang mengancam pantai Atlantik AS dalam lebih dari satu dekade terakhir.

”Badai telah membunuh orang. Kami bisa terkena dampak yang sama di Florida,” kata Gubernur Florida Rick Scott.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4339 seconds (0.1#10.140)