AS-Kanada Kirimi Polisi Haiti Kendaraan Lapis Baja untuk Lawan Geng Kriminal

Minggu, 16 Oktober 2022 - 22:20 WIB
loading...
AS-Kanada Kirimi Polisi Haiti Kendaraan Lapis Baja untuk Lawan Geng Kriminal
AS-Kanada Kirimi Polisi Haiti Kendaraan Lapis Baja untuk Lawan Geng Kriminal. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Kanada pada Sabtu (15/10/2022) mengirimkan peralatan keamanan ke Haiti , termasuk kendaraan lapis baja. Langkah ini diambil untuk membantu negara miskin itu mengatasi penyebaran krisis keamanan dan kesehatan.

“Pesawat angkatan udara AS dan Kanada mendarat di Port-au-Prince membawa peralatan keamanan penting yang dibeli pemerintah Haiti, termasuk kendaraan taktis dan lapis baja," kata pernyataan bersama dari kedua pemerintah, seperti dikutip dari Reuters.



"Peralatan ini akan membantu (polisi setempat) dalam memerangi pelaku kriminal yang mengobarkan kekerasan dan mengganggu aliran bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan, menghambat upaya untuk menghentikan penyebaran kolera," lanjut pernyataan itu.

Permintaan bantuan dari Haiti datang ketika epidemi kolera memburuk dan geng-geng bersenjata menduduki wilayah yang luas, termasuk terminal impor bahan bakar terbesar di negara itu.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres telah meminta negara-negara anggota untuk mengerahkan "kekuatan reaksi cepat" ke Haiti untuk menangani "kemerosotan dramatis dalam keamanan." Namun Washington telah memperjelas bahwa pihaknya enggan mengirim pasukan ke Haiti.

Peralatan AS dan Kanada tiba lebih dari sebulan setelah salah satu geng paling kuat di Haiti mengepung depot bahan bakar dan menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Ariel Henry.



Demonstran juga memblokir jalan-jalan di kota-kota besar untuk memprotes kenaikan tajam harga bahan bakar setelah Henry mengumumkan pada 11 September bahwa pemerintahnya tidak mampu lagi mensubsidi bahan bakar.

Sejak itu, pompa bensin ditutup, rumah sakit mengurangi layanan, dan bank serta toko kelontong memiliki bukaan terbatas karena bahan bakar, air, dan persediaan lainnya berkurang di Haiti.

Pemilik terminal bahan bakar mengumumkan pada hari Sabtu bahwa orang-orang bersenjata telah menyerang fasilitas mereka untuk kedua kalinya dan melarikan diri dengan lebih dari 28.000 galon produk minyak setelah mengalahkan personel pengawasan dan penyelamatan fasilitas tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)