Taliban Perintahkan Salon Kecantikan Ditutup

Selasa, 04 Juli 2023 - 21:01 WIB
loading...
Taliban Perintahkan Salon Kecantikan Ditutup
Taliban memerintahkan penutupan salon kecantikan. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Taliban telah memerintahkan salon rambut dan kecantikan di Afghanistan untuk tutup dalam pembatasan terbaru yang dihadapi perempuan di negara itu.

Seorang juru bicara Kementerian Wakil dan Kebajikan mengatakan kepada BBC, Selasa (4/7/2023), usaha tersebut memiliki waktu satu bulan untuk mematuhinya, mulai dari 2 Juli ketika mereka pertama kali diberitahu tentang kebijakan tersebut.

Pemerintah Taliban belum menjelaskan alasan pelarangan itu, atau alternatif apa, jika ada, yang akan tersedia bagi perempuan setelah salon tutup.

Kebebasan perempuan terus menyusut sejak Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada 2021.

Mereka telah melarang gadis remaja dan wanita dari ruang kelas di sekolah, pusat kebugaran dan taman, serta baru-baru ini bahkan melarang mereka bekerja untuk PBB.



Taliban juga telah memutuskan bahwa wanita harus berpakaian dengan cara yang hanya memperlihatkan mata mereka, dan harus didampingi oleh saudara laki-laki jika mereka bepergian lebih dari 72 km.

Pembatasan terus berlanjut meskipun ada kecaman dan protes internasional oleh perempuan serta aktivis yang berbicara atas nama mereka.

Menutup salon kecantikan adalah bagian dari berbagai tindakan yang diberlakukan oleh Taliban ketika mereka terakhir berkuasa antara tahun 1996 dan 2001. Tetapi mereka dibuka kembali pada tahun-tahun setelah invasi pimpinan Amerika Serikat (AS) ke Afghanistan tahun 2001.

Salon kecantikan tetap buka bahkan setelah Taliban merebut kembali kekuasaan dua tahun lalu menyusul penarikan pasukan AS. Tapi jendela toko sering ditutup dan gambar wanita di luar salon dicat dengan cat semprot untuk menyembunyikan wajah mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)