Rusia Dituding Tembak Jatuh Pesawat MH17, Putin Murka

Minggu, 02 Oktober 2016 - 00:54 WIB
Rusia Dituding Tembak Jatuh Pesawat MH17, Putin Murka
Rusia Dituding Tembak Jatuh Pesawat MH17, Putin Murka
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak bisa menyembunyikan kemarahannya atas hasil investigasi terkait kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17. Hasil penyelidikan itu menuding Rusia berada di balik penerbangan Malaysia Airlines MH17.

Putin memerintahkan pemerintah Belanda untuk menjelaskan temuan investigasi independen yang menyebut Rusia menembak jatuh pesawat MH17. Pemimpin Kremlin itu telah memanggil duta besar Belanda di Moskow pasca pengumuman hasil penyelidikan itu seperti dikutip dari laman Express, Minggu (2/10/2016).

Dalam sebuah pernyataan Moskow mengatakan bahwa pertemuan yang akan berlangsung pada hari Senin, disebut sebagai pembalasan untuk tindakan serupa yang telah dilakukan oleh Belanda.

Baca juga:
Rusia Panggil Duta Besar Belanda Terkait Hasil Investigasi MH17


Sebelumnya, Belanda memanggil duta besar Rusia di Den Haag untuk menyampaikan teguran diplomatik setelah Moskow membuat komentar kritis dan meremehkan hasil investigasi yang melelahkan.

Baca juga:
Rusia Tolak Hasil Penyelidikan Insiden Jatuhnya MH17


Kementerian luar negeri Belanda menyatakan reaksi Rusia kepada hasil penyelidikan tidak bisa diterima dan kritik yang dilemparkan tidak berdasar. Belanda menuding hal itu bagian dari upaya kasar untuk melempar kesalahan.

Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders mengecam Moskow karena telah meragukan integritas, profesionalisme, dan sikap independensi para investigator. "Duta besar Rusia telah dibuat untuk memahami bahwa kritik yang tidak berdasar tersebut tidak dapat diterima," kata Konders.

Pada Kamis lalu penyelidikan independen membuktikan keterlibatan Moskow dalam kecelakaan pesawat MH17 yang menewaskan 298 orang. Penyelidikan ini dilakukan oleh tim investigasi internasional yang dipimpin oleh Belanda. Hasil ini membuka jalan untuk melakukan penuntutan kepada mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan massal.

Baca juga:
Jaksa Sebut Pesawat MH17 Ditembak Rudal Buatan Rusia
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5453 seconds (0.1#10.140)