Raja Belanda Willem-Alexander Minta Maaf atas Perbudakan di Era Kolonial

Sabtu, 01 Juli 2023 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Pihak berwenang di Belanda tidak sendirian dalam meminta maaf atas pelanggaran sejarah.

Pada 2018, Denmark meminta maaf kepada Ghana, yang dijajahnya dari pertengahan abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-19. Raja Philippe dari Belgia telah menyatakan “penyesalan terdalam” atas pelanggaran di Kongo. Pada tahun 1992, Paus Yohanes Paulus II meminta maaf atas peran gereja dalam perbudakan. Orang Amerika memiliki perselisihan yang bermuatan emosional karena merobohkan patung pemilik budak di Selatan.

Pada bulan April lalu, Raja Charles III untuk pertama kalinya mengisyaratkan dukungan untuk penelitian tentang hubungan monarki Inggris dengan perbudakan setelah sebuah dokumen menunjukkan leluhur dengan saham di perusahaan perdagangan budak, kata juru bicara Istana Buckingham.

Charles dan putra sulungnya, Pangeran William, telah mengungkapkan kesedihan mereka atas perbudakan, tetapi belum mengakui koneksi mahkota dengan perdagangan.

Selama upacara yang menandai Barbados menjadi republik pada dua tahun lalu, Charles menyebut "hari-hari tergelap di masa lalu kita dan kekejaman perbudakan yang mengerikan, yang selamanya menodai sejarah kita." Pemukim Inggris menggunakan budak Afrika untuk mengubah pulau itu menjadi koloni gula yang kaya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)