Tampung Prigozhin di Belarusia, Apa Hubungan Lukashenko dengan Bos Wagner?

Jum'at, 30 Juni 2023 - 22:40 WIB
loading...
Tampung Prigozhin di Belarusia, Apa Hubungan Lukashenko dengan Bos Wagner?
Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin saat memimpin pemberontakan bersenjata di Rusia, 24 Juni 2023. Dia akhiri pemberontakan dan kini ditampung di Belarusia. Foto/REUTERS/Alexander Ermochenko
A A A
JAKARTA - Bos tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, mengakhiri pemberontakan bersenjata atau kudeta di Rusia akhir pekan lalu berkat campur tangan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Lukashenko menengahi kesepakatan yang dicapai antara Prigozhin dengan Kremlin. Dalam kesepakatan itu, bos Wagner setuju mengakhiri pemberontakan. Imbalannya, dia dijamin keamanannya untuk pergi ke pengasingan di Belarusia dan tuntutan pidananya terkait makar dibatalkan oleh Moskow.

Mengapa Lukashenko repot-repot campur tangan, dan mengapa pula dia memberi bos Wagner tempat tinggal di Belarusia? Apa hubungan antara Lukashenko dan Prigozhin?

Tidak ada bukti langsung yang menghubungkan Presiden Belarusia dengan bos Wagner meski keduanya sama-sama tokoh kontroversial di panggung internasional.



Presiden Alexander Lukashenko telah memerintah Belarusia sejak tahun 1994 dan telah dikenal karena kebijakan otoriter dan pembatasan terhadap kebebasan sipil.

Pada tahun 2020, dia menghadapi protes besar-besaran dari rakyat Belarusia setelah pemilihan presiden yang diperdebatkan secara luas. Selama periode tersebut, pemerintah Belarusia telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan kekerasan terhadap para demonstran.

Sementara itu, Yevgeny Prigozhin adalah seorang pengusaha Rusia yang memiliki hubungan yang dekat dengan pemerintah Rusia dan dikaitkan dengan berbagai kegiatan militer dan paramiliter. Perusahaan keamanan swasta Wagner yang dimilikinya telah dikaitkan dengan kehadiran di berbagai konflik di luar Rusia, termasuk di Ukraina, Suriah, dan negara-negara Afrika.

Kehadiran Bos Wagner Bikin Warga Belarusia Ketakutan


Ketika kehidupan di Rusia kembali normal setelah pemberontakan bersenjata oleh tentara bayaran Wagner Group, ketegangan meningkat di dalam dan sekitar Belarusia, tempat bos Wagner diasingkan dan beberapa tentara bayarannya menetap.

Lukashenko yang mengatakan negaranya dapat menggunakan pengalaman dan keahlian Wagner Group.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)