Bos Wagner Tinggalkan Kotak Berisi Uang Rp700 Miliar usai Kudeta Militer Rusia

Senin, 26 Juni 2023 - 13:35 WIB
loading...
Bos Wagner Tinggalkan Kotak Berisi Uang Rp700 Miliar usai Kudeta Militer Rusia
Kotak-kotak berisi uang tunai senilai lebih dari Rp700 miliar ditemukan tentara Rusia saat menggeledah kantor bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin di St Petersburg. Foto/via Ukrainska Pravda
A A A
ST PETERSBURG - Tentara Rusia menemukan beberapa kotak berisi uang tunai 4 miliar rubel (lebih dari Rp700 miliar) saat menggeledah kantor bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin di St Petersburg.

Mengutip laporan media lokal, Fontaka, Senin (26/6/2023), kotak-kotak berisi uang tunai itu dikeluarkan dari mini-van Gazel di dekat kantor Prigozhin.

Kantor bos Wagner itu digeledah tentara Rusia setelah Prigozhin meluncurkan kudeta militer pada hari Sabtu dan tiba-tiba dia batalkan pada hari Minggu.

Kotak-kotak berwarna coklat itu beberapa di antaranya sudah dalam kondisi terbuka sehingga terlihat jelas bundel uang kertas Rusia, kebanyakan berwarna merah.



Menurut laporan Fontanka, Gazel putih menarik perhatian selama penggeledahan Hotel Trezzini di St Petersburg, yang menjadi kantor Prigozhin—bos Wagner yang telah meninggalkan Rusia untuk mengasingkan diri ke Belarusia.

Gazel tersebut menimbulkan kecurigaan karena bukan milik siapa pun yang tinggal di Akademichesky Lane, tempat mobil tersebut diparkir.

Mobil itu diperiksa untuk mengetahui apakah ada bahan peledak dan ketika dibuka kuncinya, pasukan Rusia menemukan kotak-kotak berisi uang.

Setelah berita penemuan itu tersiar, Prigozhin mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi kepemilikan van Gazel dan barang-barang lain yang digeledah.

“Bukan hanya Gazel yang ditemukan, tetapi dua minibus lain yang berisi uang yang dialokasikan untuk gaji, kompensasi untuk Cargo 200 [kode tidak resmi untuk jenazah tentara yang tewas dalam perang di Ukraina], dan hal-hal lain,” kata Prigozhin dalam sebuah pernyataan via Telegram tanpa mengonfirmasi lokasi keberadaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)