Pernah Dipenjara, Yusef Salaam Maju untuk Kursi Dewan Kota New York

Jum'at, 30 Juni 2023 - 20:18 WIB
loading...
Pernah Dipenjara, Yusef Salaam Maju untuk Kursi Dewan Kota New York
Yusef Salaam maju dalam pemilihan anggota dewan kota New York, AS. Foto/Will Waldron/Times Union
A A A
NEW YORK - Yusef Salaam pernah menjadi salah satu anak dalam sekelompok remaja yang salah didakwa, dihukum dan dipenjara karena memperkosa seorang wanita yang sedang jogging di Central Park New York.

Kini dia mengumumkan kemenangan dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat untuk kursi dewan kota di New York.

Keberhasilan ini memberikan dia kesempatan yang sangat baik untuk mewakili distrik Harlem sebagai pejabat terpilih.

Salaam menghadapi dua politisi veteran, anggota majelis negara bagian New York Al Taylor (65), dan Inez Dickens (73), dalam perebutan kursi yang mewakili bagian dari lingkungan Manhattan yang mayoritas berkulit hitam.

Petahana, sosialis demokrat Kristin Richard Jordan, keluar dari pencalonan pada bulan Mei tetapi tetap muncul dalam pemungutan suara.

Kontes itu berlangsung lebih dari dua dekade setelah Salaam dan empat pria lainnya, yang dulu dikenal sebagai Central Park Five, sekarang sering disebut Exonerated Five, dibebaskan dari kejahatan menggunakan bukti DNA.

Itu adalah salah satu kejahatan kota yang paling terkenal dan sarat rasial, meradang ketika Donald Trump yang saat itu paling dikenal sebagai maestro real estat flamboyan di kota itu dan kemudian menjadi presiden AS, mengeluarkan iklan surat kabar yang menyerukan hukuman mati untuk kelimanya.



Associated Press belum mengumumkan pemenang dalam pemilihan pendahuluan dan hasil pemilihan mungkin tidak pasti selama berhari-hari karena aturan pemungutan suara pilihan peringkat di New York.

Sistem itu berlaku jika tidak ada kandidat yang mengklaim lebih dari 50% dari total suara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)