1.000 Warga Sipil Tewas Sejak Taliban Ambil Alih Pemerintahan

Rabu, 28 Juni 2023 - 02:44 WIB
loading...
A A A
Laporan itu juga mengatakan penurunan tajam dalam pendanaan donor sejak pengambilalihan Taliban mempersulit para korban untuk mengakses dukungan medis, keuangan dan psikologis.

Menanggapi laporan PBB, Kementerian Luar Negeri yang dipimpin Taliban mengatakan bahwa keamanan telah dipastikan di seluruh negeri dan bahwa mereka menganggap keamanan tempat ibadah sebagai prioritas.



Kelompok tersebut menambahkan bahwa mereka telah melakukan beberapa serangan terhadap sel-sel ISIS dan berfokus untuk memastikan "tindakan tepat waktu untuk mencabut tempat berlindung para teroris."

Badan PBB meminta pemerintah Taliban bertanggung jawab atas keselamatan rakyat.

Taliban merebut kendali Afghanistan pada Agustus 2021 sementara pasukan NATO dalam minggu-minggu terakhir penarikan diri dari negara itu setelah dua dekade perang.

Kepemimpinan Taliban menyatakan bahwa mereka mengambil alih ketika Afghanistan berada di ambang kehancuran dan bahwa mereka berhasil menyelamatkan negara dan pemerintah dari krisis.

Terlepas dari janji awal pemerintahan yang moderat, Taliban menegakkan aturan keras setelah mengambil kendali. Anak perempuan tidak lagi diizinkan untuk belajar setelah kelas enam, dan perempuan Afghanistan dilarang dari kehidupan publik dan sebagian besar pekerjaan.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)