Memanas, Taiwan Bersumpah Serang Militer China Jika Masuk Zona 12 Mil

Selasa, 27 Juni 2023 - 21:15 WIB
loading...
Memanas, Taiwan Bersumpah Serang Militer China Jika Masuk Zona 12 Mil
Rudal buatan Amerika Serikat dipasang di kapal frigate Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Taiwan menegaskan kembali tekadnya menyerang kapal perang dan pesawat China jika mereka datang dalam jarak 12 mil laut dari pulau itu.

Kepala perencanaan tempur Kementerian Pertahanan Taiwan Mayjen Lin Wen-huang menegaskan hal itu pada hari Selasa (27/6/2023).

Kementerian Pertahanan Taiwan secara teratur melaporkan aktivitas kapal perang dan pesawat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di dekat pulau itu.

Pada Sabtu, delapan pesawat militer China melintasi apa yang disebut "garis median" Selat Taiwan dan terlihat 24 mil laut dari pulau itu.

"Jika pihak PLA terus mengabaikan peringatan kami di sepanjang jalan dan memaksa masuk ke ruang udara dan laut teritorial kami, kami akan secara aktif menyerang balik untuk menjaga keamanan nasional," tegas Lin seperti dikutip media Taiwan.

Laporan itu menambahkan ini adalah pertama kalinya dalam enam bulan pesawat tempur China mendekati pulau itu.



Taiwan telah diperintah secara independen dari China daratan sejak 1949. Beijing menganggap pulau itu sebagai provinsinya, sementara Taiwan menyatakan wilayah itu adalah entitas otonom tetapi berhenti mendeklarasikan kemerdekaan.

Beijing menentang setiap kontak asing resmi dengan Taipei dan menganggap kedaulatan China atas pulau itu tidak dapat disangkal.

Eskalasi terbaru di sekitar Taiwan terjadi pada bulan April setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy.

Beijing menanggapi dengan meluncurkan latihan militer besar-besaran selama tiga hari di dekat pulau itu sebagai "peringatan" bagi separatis Taiwan dan kekuatan asing.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)