5 Prediksi Masa Depan Tentara Bayaran Wagner setelah Gagal Mengkudeta Putin

Senin, 26 Juni 2023 - 13:29 WIB
loading...
A A A
"Tetapi pada saat yang sama, tujuan utamanya bukanlah untuk menggulingkan rezim Rusia. Itu adalah untuk membuka lebih banyak kedudukan dan otoritas bagi Prigozhin sendiri."

2. Posisi Wagner Makin Kuat

5 Prediksi Masa Depan Tentara Bayaran Wagner setelah Gagal Mengkudeta Putin

Foto/Reuters

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pihak berwenang akan membatalkan tuduhan "menghasut pemberontakan bersenjata" terhadap Prigozhin. Namun belum jelas apakah Rusia mampu membubarkan Grup Wagner secara tiba-tiba, yang telah membantu negara itu meraih keuntungan dalam perangnya melawan Ukraina. Perusahaan militer swasta bertanggung jawab atas penangkapan kota Bakhmut di Ukraina bulan lalu.

Banyak pihak mengatakan Grup Wagner memberikan penyangkalan kepada Putin dan pejabat lainnya, dan menutup mata terhadap kerugian yang diderita tentara bayaran memungkinkan Rusia menyembunyikan biaya perang yang sebenarnya.

Weiss mengatakan Putin telah menciptakan "sedikit monster Frankenstein untuk dirinya sendiri" di Grup Wagner, yang beroperasi sebagai kekuatan tempur de facto untuk negara Rusia tetapi dengan otonomi lebih dari militer."

"Tidak ada cara mudah bagi Vladimir Putin untuk melumpuhkan atau mendemobilisasi unit Wagner," kata Weiss. “Tantangannya selalu: akankah mereka bermain bola dengan pimpinan militer Rusia dan bertindak dalam koordinasi dengan mereka dalam mengejar tujuan militer Putin di Ukraina?”

Weiss mengatakan Grup Wagner dapat terus memainkan peran kunci dalam perang di Ukraina, di mana tentara bayaran telah melakukan operasi ofensif terhadap pasukan militer Ukraina.


3. Tetap Bertempur di Ukraina

5 Prediksi Masa Depan Tentara Bayaran Wagner setelah Gagal Mengkudeta Putin

Foto/Reuters

Dengan posisi dan pengaruh yang makin kuat, Wagner akan tetap melanjutkan pertempuran dan misinya di Ukraina. Insiden kudeta dan pemberontakan hanya urusan untuk memperkuat Wagner di mata Presiden Putin.

Alperovitch menyarankan bahwa ada "dampak minimal" pada perang di Ukraina setelah pawai Wagner di Moskow dan mencatat bahwa Prigozhin sendiri mengatakan operasi akan berlanjut meskipun dia bertengkar dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

Namun Alperovitch menekankan bahwa pertunjukan tersebut belum berakhir. Putin yang melemah akan dibiarkan menanggapi pemberontakan yang gagal, katanya, dan Prigozhin belum memberikan komentar publik sejak pengumuman Kremlin bahwa dia akan pergi ke Belarusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)