14 Penemu yang Tewas Akibat Penemuannya Sendiri, Salah Satunya Pendiri OceanGates

Minggu, 25 Juni 2023 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Terlepas dari latar belakangnya di bidang kimia, Rozier rupanya lupa bahwa hidrogen juga sangat mudah terbakar. Saat dia terbang melintasi pedesaan Prancis pada 15 Juni 1785, ada yang tidak beres. Balon hidrogen terbakar di udara dan jatuh ke tanah, membuat Rozier dan rekan seperjalanannya menjadi korban tewas pertama di dunia dalam kecelakaan penerbangan.

13.Otto Lilienthal

Otto Lilienthal adalah pelopor penerbangan abad ke-19 yang terinspirasi untuk mempelajari aerodinamika sayap setelah mengamati pergerakan burung. Dia menemukan sejumlah pesawat layang dan mesin terbang di bengkelnya di dekat Berlin.

Salah satunya, dijuluki "glider normal", memiliki lebar sayap 23 kaki; orang yang mengoperasikan pesawat layang berpegangan pada penyangga di bawahnya dalam posisi duduk. Untuk mempublikasikan penemuannya, Lilienthal menugaskan foto-foto yang menunjukkan aksi pesawat layang. Tapi foto-foto itu menyembunyikan satu masalah: Glider biasa sulit dikemudikan.

Selama uji terbang pada 9 Agustus 1896, pesawat layang Lilienthal tiba-tiba terhenti dan meluncur dengan kepala lebih dulu ke tanah. Lilienthal tidak dapat mendapatkan kembali kendali, dan dia mendarat darurat dari ketinggian sekitar 50 kaki, mematahkan lehernya. Dia meninggal keesokan harinya, meskipun penelitiannya tentang mekanisme penerbangan mempengaruhi Wright bersaudara.

14. William Bullock

14 Penemu yang Tewas Akibat Penemuannya Sendiri, Salah Satunya Pendiri OceanGates

Foto/Wikipedia

William Bullock membuat beberapa kemajuan teknologi utama pada mesin cetak. Sebagai editor surat kabar pada pertengahan abad ke-19, Bullock berusaha mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mencetak berita. Dia mengembangkan mesin cetak putar yang dapat terus diisi dengan kertas, menghilangkan kebutuhan akan pengumpanan manual yang konstan dan meningkatkan hasil menjadi sekitar 11.000 lembar per jam.

Namun, seperti banyak penemuan baru, pers Bullock bisa jadi miring. Pada tanggal 2 April 1867, dia melakukan penyesuaian dengan kakinya pada mesin cetak yang dipasang di kantor surat kabar lain. Kakinya menjadi kusut di sabuk yang bergerak dan hancur. Beberapa hari kemudian, kakinya diamputasi. Segalanya menjadi lebih buruk dari sana: Dia meninggal karena komplikasi bedah.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)