Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic Masuki Fase Kritis

Kamis, 22 Juni 2023 - 16:48 WIB
loading...
Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic Masuki Fase Kritis
Persediaan oksigen menipis, pencarian kapal selam wisata Titanic masuk fase kritis. Foto/NPR
A A A
WASHINGTON - Pencarian kapal selam wisata Titanic yang hilang memasuki fase kritis setelah pasokan oksigen akan habis tepat setelah tengah hari.

Oksigen di kapal selam wisata Titanic yang hilang, Titan, diperkirakan akan habis dalam beberapa jam dengan harapan menemukan lima orang di dalamnya mulai memudar.

Kapal selam itu hilang komunikasi dengan operator tur pada hari Minggu saat berada sekitar 435 mil selatan St John's, Newfoundland, selama pelayaran ke kapal karam Titanic di lepas pantai Kanada.

Kapal, pesawat terbang, dan kapal bawah air telah dikerahkan ke daerah tersebut dengan tim penyelamat mencari bagian terpencil Samudra Atlantik lebih dari dua kali ukuran negara bagian Connecticut AS di perairan sedalam 4.020 m.

Penjaga Pantai AS telah memimpin upaya penyelamatan internasional, yang ditingkatkan setelah suara-suara di bawah air terdengar pada hari Selasa dan terdengar lagi pada hari Rabu, meskipun para ahli tidak dapat menentukan penyebab suara tersebut.

Menurut OceanGate, operator Titan, kapal Ekspedisi OceanGate sepanjang 6,7 m yang membawa petualang miliarder Inggris Hamish Harding, memiliki suplai oksigen 96 jam jika terjadi keadaan darurat.

Juga berada dalam kapal bawah laut adalah pengusaha yang berbasis di Inggris Shahzada Dawood, putranya Suleman Dawood, kepala eksekutif dan pendiri OceanGate Stockton Rush dan pilot kapal selam Prancis Paul-Henri Nargeolet.

Penjaga Pantai AS memperkirakan pasokan oksigen di kapal selam Titan akan habis pada pukul 12.08 waktu Inggris hari ini.

Operasi pencarian dan penyelamatan ekstensif terus berlanjut, karena mereka yang terlibat mengatakan mereka akan "bertahan sampai akhir".

Salah satu kapal yang dikirim untuk membantu upaya pencarian adalah kapal penelitian Prancis L'Atalante yang membawa kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), Victor 6000.

ROV ini memiliki kemampuan untuk mengangkat kapal Titan ke permukaan.

Ditanya apakah misi berubah menjadi pencarian penemuan, Kapten Jamie Frederick dari Penjaga Pantai AS mengatakan kepada wartawan: "Ini adalah misi pencarian dan penyelamatan, 100%, kami tepat di tengah pencarian dan penyelamatan dan akan terus menempatkan setiap aset yang tersedia yang kami miliki dalam upaya untuk menemukan Titan dan anggota krunya," seperti dikutip dari Sky News, Kamis (22/6/2023).

Bahkan mereka yang menyatakan optimisme telah memperingatkan masih banyak kendala: mulai dari menentukan lokasi Titan, mencapainya dengan peralatan penyelamat, lalu membawanya ke permukaan - dengan asumsi Titan masih utuh.

Semua ini harus terjadi sebelum suplai oksigen penumpang habis.



Seorang mantan penumpang di salah satu pelayaran perdana Titan mengatakan kepada Sky News bahwa dia akhirnya memutuskan untuk mundur dari proyek penyelaman Titanic karena dia tidak nyaman dengan desainnya.

Penjelajah AS Josh Gates menggambarkan bagaimana ada kesalahan sistem selama perjalanannya di kapal selam dalam "penyelaman penggeledahan" pada tahun 2021 bersama Rush.

"Saya akan mengatakan bahwa beberapa sistem di dalamnya bekerja dengan sangat baik. Beberapa di antaranya tidak bekerja dengan baik sama sekali. Kami memiliki masalah dengan pendorong, kami memiliki masalah dengan kontrol komputer di dalamnya," katanya.

"Ada begitu sedikit data yang tersedia tentang mengelola risiko itu dan seperti apa jika kapal selam ini naik turun sebanyak yang seharusnya," imbuhnya.

Dikatakan oleh Gates bahwa tidak ada kendaraan lain seperti Titan di mana pun di dunia, hanya ada satu.

Dia mengatakan Titan dijelaskan dalam keringanan sebagai "kerajinan eksperimental" dan menambahkan kendaraan itu benar-benar eksperimental dalam arti kata yang sebenarnya.

"Ini seperti menjadi pilot uji coba di pesawat yang belum pernah diterbangkan sebelumnya, jadi ada kategori risiko yang sama sekali berbeda dengan kendaraan seperti ini," katanya.

"Ada banyak sekali hal yang tidak diketahui dengan kapal selam seperti ini... Anda memiliki desain yang inovatif dan baru, tetapi memiliki banyak misteri dalam hal bagaimana kinerjanya dari waktu ke waktu," imbuhnya.

Gates mengatakan fakta bahwa Titan tampaknya belum muncul meskipun "jauh dari dasar" ketika kontak hilang pada akhir pekan membuka pertanyaan tentang apa lagi yang mungkin salah.

"Salah satu kemungkinan tersebut adalah kegagalan lambung, yang berbicara dengan desain serat karbon Titan," kata Gates.

Dia menambahkan bahwa meskipun jangka waktu penyelamatan sudah ditutup, "kita harus tetap berharap di sini untuk hasil yang positif".

Gates juga menyinggung beberapa kritik online terhadap penumpang karena menaiki kapal eksperimental dengan biaya tinggi, mengatakan ada banyak komentar tidak berperasaan.

Dia mengatakan Titanic telah "memesona dunia" sejak dia tenggelam seabad yang lalu dan bangkai kapal itu memiliki daya tarik nyata bagi orang-orang.

"Dibutuhkan banyak keberanian dan tekad untuk melakukan pelayaran seperti ini," katanya, menambahkan bahwa dia memuji lima orang di atas kapal Titan karena memiliki semangat dan tekad untuk memulai perjalanan laut dalam.

Seorang penjelajah laut dalam mengatakan pada hari Kamis bahwa dibutuhkan "keajaiban" untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap di Titan, tetapi tetap berharap.



Dr David Gallo mengatakan kepada Good Morning Britain: "Mungkin dua hari yang lalu harapan saya merosot dengan cepat, tetapi kemudian suara-suara ini muncul dan tampaknya ada sumber yang sangat kredibel di sana, kredibel dan dapat diulang."

"Kita akan melihat bagaimana itu berjalan tetapi semuanya terjadi dengan sangat cepat, jadi kita berpacu dengan waktu," sambungnya.

"Harapan kami tinggi. Kami membutuhkan keajaiban pada saat ini, tetapi keajaiban bisa terjadi, jadi saya sangat optimis," ujarnya.

Dia menambahkan tiga pesawat berbeda mendengar suara di sensor mereka, setiap setengah jam, dan ini berlangsung selama dua hari lebih.

“Kita harus, pada titik ini, berasumsi bahwa itu adalah kapal selam dan bergerak cepat ke tempat itu, menemukannya dan membawa robot ke sana untuk memverifikasi di mana kapal selam itu berada.

"Mereka harus siap sepenuhnya seolah-olah itu adalah kapal selam karena butuh beberapa saat untuk menemukannya dan mengangkatnya ke permukaan, butuh berjam-jam," tukasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)