Serangan Udara Mematikan di Sudan Tewaskan 17 Orang, Termasuk Anak-anak

Minggu, 18 Juni 2023 - 08:26 WIB
loading...
Serangan Udara Mematikan di Sudan Tewaskan 17 Orang, Termasuk Anak-anak
Hampir 1.000 orang diyakini tewas dalam perang di Sudan. Foto/BBC
A A A
KHARTOUM - Korban terus berjatuhan saat perang saudara masih terus berkecamuk di Sudan tanpa diketahui kapan akan berakhir. Terbaru, setidaknya 17 orang tewas akibat serangan udara mematikan di Ibu Kota Sudan, Khartoum, termasuk anak-anak.

Serangan yang terjadi pada Sabtu di distrik Yarmouk yang berpenduduk padat itu juga menghancurkan 25 rumah seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/6/2023).

Itu terjadi sehari setelah seorang jenderal angkatan darat mengancam akan meningkatkan serangan terhadap paramiliter Pasukan Pendukung Cepat (RSF).

Pertempuran antara tentara Sudan dan RSF pecah sejak pertengahan April sebagai akibat dari perebutan kekuasaan yang ganas di dalam kepemimpinan militer negara itu.



Pada awal Juni, RSF mengklaim kendali penuh atas Yarmouk, sebuah area di ibu kota yang memiliki fasilitas manufaktur senjata.

Kemudian pada hari Sabtu, faksi yang bertikai menyetujui gencatan senjata 72 jam mulai pukul 06:00 pada hari Minggu. Itu diumumkan oleh mediator Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS). Gencatan senjata serupa di masa lalu belum diamati.

Angka pasti jumlah orang yang tewas dalam pertempuran itu sulit ditentukan, tetapi diyakini lebih dari 1.000 orang, termasuk banyak warga sipil yang terjebak dalam baku tembak.

Sekitar 2,2 juta orang telah mengungsi di dalam negeri dan lebih dari setengah juta berlindung di negara tetangga, menurut PBB.

Beberapa gencatan senjata telah diumumkan untuk memungkinkan orang-orang melarikan diri dari pertempuran tetapi hal ini belum dipatuhi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)