10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya

Sabtu, 17 Juni 2023 - 16:04 WIB
loading...
A A A
Angkatan Laut Korea Selatan memiliki 22 kapal selam secara keseluruhan, dan tidak ada satupun yang bertenaga nuklir. Semua kapal selam bertenaga konvensional.


4. Korea Utara

Ya, Anda membacanya dengan benar! Negara teratas ke-4 dalam hal jumlah kapal selam adalah Korea Utara.

Angkatan Laut Korea Utara memiliki total 35 kapal selam, tidak ada kapal selam yang dimiliki oleh Korea Utara yang bertenaga nuklir.

3. Amerika Serikat

10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya

Foto/Reuters

Ya, AS adalah nomor 3 dalam daftar, bukan nomor 1.

Angkatan Laut Amerika yang perkasa memiliki total 68 kapal selam, dan semua kapal selam ini bertenaga nuklir.

Dari 68 ini, 14 adalah kapal selam rudal balistik, dan 54 adalah kapal selam serang.

Melansir CNN, Laksamana Muda Jeff Jablon, pejabat militer AS mengatakan, di dunia sekarang ini, Washington menghadapi dua musuh setara nuklir yang belum pernah dialami sebelumnya. “Uni Soviet – dan sekarang Rusia – adalah musuh kita dalam hal kemampuan nuklir. Kami sekarang menghadapi China, yang telah memperluas dan memodernisasi kemampuan nuklirnya.”

Strategi Keamanan Nasional menguraikan bahwa RRT adalah ancaman kita yang mondar-mandir, dan Rusia adalah ancaman akut bagi negara kita,” kata Laksamana Muda Jablon, komandan Pasukan Kapal Selam, Armada Pasifik AS, menggunakan singkatan dari Republik Rakyat China.

Jablon mengungkapkan, mayoritas pasukan kapal selam kami sekarang berada di Pasifik. “Pada titik ini, sekitar 60% kapal selam (operasional) kami berada di Pasifik karena tantangan tersebut.”

Terlepas dari kemajuan yang dibuat oleh militer China, para ahli mengatakan bahwa AS masih memiliki keuntungan yang signifikan dalam peperangan bawah laut. “Kapal selam adalah salah satu area di mana ASmempertahankan keunggulannya yang tak tertandingi atas China,” kata Carl Schuster, pensiunan kapten Angkatan Laut AS dan mantan direktur operasi di Pusat Intelijen Gabungan Komando Pasifik AS di Hawaii.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)