10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya

Sabtu, 17 Juni 2023 - 16:04 WIB
loading...
10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya
Kapal selam menjadi armada siluman yang menentukan kualitas militer suatu negara. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kapal selam menjadi alat tempur paling efektif dan penting bagi angkatan laut di seluruh dunia, Itu mampu menjadi sarana yang tersembunyi dan efektif untuk mempertahankan kepentingan suatu negara di laut.

Berikut adalah daftar 10 negara teratas dengan jumlah kapal selam terbanyak pada tahun 2023 versi Global Firepower Index.

10. Yunani

Yunani berada di urutan ke-10 dalam daftar. Angkatan Laut Yunani memiliki 11 kapal selam, semuanya bertenaga konvensional, dan tidak ada yang bertenaga nuklir.

9. Turki

10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya

Foto/Reuters

Sesuai Global Firepower Index, Turki berada di urutan ke-9 dalam daftar. Angkatan Laut Turki memiliki 12 kapal selam, semuanya bertenaga konvensional, dan tidak ada yang bertenaga nuklir.

Kapal selam produksi dalam negeri pertama Turki, MILDEN, mulai dikenal publik. Ini akan lebih besar dan lebih mampu daripada kapal rancangan Jerman saat ini.

Model baru kapal selam, yang diperlihatkan oleh pembuat kapal, memberikan wawasan berharga tentang desainnya saat ini. Model tersebut diungkapkan oleh Galangan Kapal Angkatan Laut Golcuk yang membangun kapal selam Turki. Mulai tahun 2025 mereka akan membangun 6 MILDEN (Milli Denizaltı : Kapal Selam Nasional).

Berdasarkan lisensi produksi kapal rancangan Jerman, Galangan Kapal Angkatan Laut Golcuk memiliki dasar yang kuat dalam teknologi kapal selam. Saat ini galangan sedang membangun 6 kapal selam Tipe-214TN, yang dikenal secara lokal sebagai Kelas Reis, untuk Angkatan Laut Turki. Ini menggabungkan sistem produksi lokal yang signifikan. Dan mereka mengikuti sekitar 11 kapal selam Tipe-209 dari tahun 1981 hingga 2008.

Secara fisik kapal selam memiliki beberapa petunjuk pengaruh Type-214, terutama di bagian buritan. Tapi fitur haluan ramping khas yang menyerupai kapal selam terbaru Jepang. Layarnya lebih sempit dan selubungnya lebih jelas miring.

Tayfun Ozberk, analis pertahanan dan veteran Angkatan Laut Turki, mengatakan bahwa alasan utama peningkatan ukuran adalah persenjataan. “Ini tentang daya tembak yang ditingkatkan. Meskipun tidak ada pernyataan resmi tentang muatan senjata, banyak analis percaya bahwa itu akan mampu membawa dan menembakkan rudal serangan darat strategis GEZGIN,” katanya.

GEZGIN merupakan senjata lokal yang kira-kira analog dengan Tomahawk Angkatan Laut AS dan Kalibr Rusia. Dalam bentuk kapal selam diharapkan dikemas sehingga dapat ditembakkan dari tabung torpedo kapal selam. Kapsul kemudian akan naik ke permukaan dan meluncurkan misil.


8. India

Nomor 8 dalam daftar adalah India.

Angkatan Laut India memiliki total 18 kapal selam, 1 di antaranya bertenaga nuklir sementara 16 lainnya adalah kapal selam bertenaga konvensional.

Pada awal Juni lalu, produsen kapal India Mazagon Dock menandatangani nota kesepahaman dengan Sistem Kelautan ThyssenKrupp Jerman, sebuah kolaborasi yang dipuji oleh menteri pertahanan Jerman Boris Pistorius sebagai "proyek mercusuar".

Kesepakatan akhir pada kesepakatan 4,8 miliar euro kemungkinan akan siap pada akhir 2023. Kapal selam non-nuklir akan dibangun di bawah prakarsa "Make in India" Delhi, yang dirancang untuk mengurangi impor militer yang mahal oleh India, pembeli senjata terbesar di dunia. Beberapa ahli menempatkan nilai proyek untuk membangun enam kapal selam dengan produk lokal yang signifikan untuk angkatan laut India sebesar 7 miliar euro.

7. Iran

10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya

Foto/Reuters

Iran berada di urutan ke-7 dalam daftar. Angkatan Laut Iran memiliki total 19 kapal selam, dan tidak satupun dari mereka bertenaga nuklir.

Iran memang aktif memperluas dan memodernisasi armada kapal selamnya. Awalnya, tidak ada kapal selam Iran yang mampu menembakkan rudal balistik atau jelajah. Mulai tahun 1990-an, Iran meluncurkan program untuk mengakuisisi atau memproduksi ranjau dan torpedo di dalam negeri untuk semua kapal bawah permukaannya.

Pada tahun 2005 dilaporkan meluncurkan dua jalur produksi lokal torpedo wake-homing 533mm dan 324mm dengan jangkauan hingga 20km. Iran sejak itu mengembangkan teknologi rudal balistik dan jelajah untuk kapal selamnya.

Pada 24 Februari 2019, Iran berhasil melakukan uji coba rudal jelajah dari salah satu kapal kelas Ghadir. Kantor Berita Republik Islam (IRNA) mengklaim kapal selam Tareq dan Fateh memiliki kemampuan yang sama.

Pada bulan Juni 2012, seorang pejabat Iran menegaskan bahwa para ilmuwan sedang dalam “fase awal pembuatan kapal selam atom. Meskipun ada penundaan, Iran mengklaim keberhasilannya dalam memperbaiki salah satu kapal selam kelas Kilo yang diimpor (setelah Rusia menolak untuk melakukannya). bukti kemajuan kemampuan pengembangan kapal selam negara itu.

Iran juga bereksperimen dengan kapal selam, kapal tak berawak, dan kapal selam lainnya. Kendaraan pengiriman perenang (SDV) dua kursi yang dilengkapi GPS Sabehat-15—dirancang oleh Esfahan Underwater Research Center—telah menjalani pengujian dengan IRIN dan IRGCN.

Karena daya tahan dan muatannya yang terbatas, SDV terutama digunakan untuk penambangan, pengintaian, dan operasi khusus di perairan pesisir. Pada Maret 2022, IRGC menampilkan kendaraan bawah air tak berawak untuk pengintaian.

6. Jepang


Nomor 6 dalam daftar adalah Jepang.

Angkatan Laut Jepang memiliki total 21 kapal selam. Tidak ada kapal selam yang dimiliki oleh Angkatan Laut Jepang yang bertenaga nuklir.

5. Korea Selatan

Korea Selatan menempati urutan ke-5 dalam daftar negara dengan kapal selam terbanyak.

Angkatan Laut Korea Selatan memiliki 22 kapal selam secara keseluruhan, dan tidak ada satupun yang bertenaga nuklir. Semua kapal selam bertenaga konvensional.


4. Korea Utara

Ya, Anda membacanya dengan benar! Negara teratas ke-4 dalam hal jumlah kapal selam adalah Korea Utara.

Angkatan Laut Korea Utara memiliki total 35 kapal selam, tidak ada kapal selam yang dimiliki oleh Korea Utara yang bertenaga nuklir.

3. Amerika Serikat

10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya

Foto/Reuters

Ya, AS adalah nomor 3 dalam daftar, bukan nomor 1.

Angkatan Laut Amerika yang perkasa memiliki total 68 kapal selam, dan semua kapal selam ini bertenaga nuklir.

Dari 68 ini, 14 adalah kapal selam rudal balistik, dan 54 adalah kapal selam serang.

Melansir CNN, Laksamana Muda Jeff Jablon, pejabat militer AS mengatakan, di dunia sekarang ini, Washington menghadapi dua musuh setara nuklir yang belum pernah dialami sebelumnya. “Uni Soviet – dan sekarang Rusia – adalah musuh kita dalam hal kemampuan nuklir. Kami sekarang menghadapi China, yang telah memperluas dan memodernisasi kemampuan nuklirnya.”

Strategi Keamanan Nasional menguraikan bahwa RRT adalah ancaman kita yang mondar-mandir, dan Rusia adalah ancaman akut bagi negara kita,” kata Laksamana Muda Jablon, komandan Pasukan Kapal Selam, Armada Pasifik AS, menggunakan singkatan dari Republik Rakyat China.

Jablon mengungkapkan, mayoritas pasukan kapal selam kami sekarang berada di Pasifik. “Pada titik ini, sekitar 60% kapal selam (operasional) kami berada di Pasifik karena tantangan tersebut.”

Terlepas dari kemajuan yang dibuat oleh militer China, para ahli mengatakan bahwa AS masih memiliki keuntungan yang signifikan dalam peperangan bawah laut. “Kapal selam adalah salah satu area di mana ASmempertahankan keunggulannya yang tak tertandingi atas China,” kata Carl Schuster, pensiunan kapten Angkatan Laut AS dan mantan direktur operasi di Pusat Intelijen Gabungan Komando Pasifik AS di Hawaii.

“Kapal sleam adalah satu-satunya platform siluman dengan kekuatan serangan dan kemampuan bertahan untuk melawan kekuatan permukaan dan bawah permukaan Angkatan Laut PLA,” kata Schuster.

2. Rusia

Rusia adalah negara ke-2 yang memiliki jumlah kapal selam terbanyak.

Pada tahun 2022, Angkatan Laut Rusia memiliki total 70 kapal selam, 2 lebih banyak dari Angkatan Laut Amerika Serikat.

Dari 70 kapal selam ini, 29 bertenaga nuklir sementara 41 sisanya adalah kapal selam bertenaga konvensional.

1. China

10 Negara yang Memiliki Kapal Selam Terbanyak,  AS Bukan Juaranya

Foto/Reuters

Akhirnya negara dengan jumlah kapal selam terbanyak di seluruh dunia adalah China!

Angkatan Laut China memiliki total 78 kapal selam aktif, 11 lebih banyak dari Angkatan Laut Amerika Serikat.

Dari 78 kapal selam ini, hanya 12 yang bertenaga nuklir sedangkan 66 sisanya adalah kapal selam bertenaga konvensional.

Sebenarnya, ambisi angkatan laut China telah tersembunyi saat negara tersebut memulai rencana ambisius untuk memperluas armada kapal selamnya, menantang status quo di Laut China Selatan.

Saat armada China berkembang, menjadi jelas bahwa upaya negara tersebut dalam pengembangan kapal selam diselimuti kerahasiaan, membedakannya dari rencana aliansi AUKUS baru.

Menurut laporan “The Global Submarine Market 2022-2033” GlobalData, pembuat kebijakan China menginvestasikan dana yang signifikan untuk memperluas armada kapal selam mereka.

Dengan desas-desus tentang torpedo yang dipersenjatai dengan kendaraan bawah air tanpa awak, kemampuan China yang berkembang menimbulkan kekhawatiran dan mendorong penilaian ulang kepentingan strategis di Laut China Selatan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)