5 Wujud Kedekatan Bill Gates dan Presiden China Xi Jinping

Sabtu, 17 Juni 2023 - 06:41 WIB
loading...
A A A
Gates adalah salah satu pemimpin bisnis asing utama yang telah berhasil menembus China.

Microsoft satu-satunya raksasa teknologi Barat yang mempertahankan kehadirannya di sana sementara yang lain telah ditutup. Perusahaan tersebut telah memiliki laboratorium penelitian yang sangat berpengaruh di negara ini selama beberapa dekade.

Microsoft hadir di China pada 1992 dan membuka pusat penelitian dan pengembangan terbesarnya di luar Amerika Serikat. Sekarang mempekerjakan sekitar 6.200 orang di China.

Sistem operasi Windows yang ada di mana-mana digunakan di sebagian besar komputer di China—meskipun Beijing menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri. Kesuksesan perusahaan memiliki kelemahan, karena perangkat lunaknya dibajak secara luas.

Pasar China yang penting, yang sangat membatasi bagi perusahaan asing, menunjukkan penurunan di lautan bisnis Microsoft, terhitung hampir 1,8% dari omzetnya.

Bing Microsoft adalah salah satu dari sedikit mesin pencari asing yang beroperasi di China—walaupun jauh di belakang pesaing lokalnya Baidu dan Sogou, yang mendominasi pasar.

"Hubungan Microsoft di China seketat yang didapat dalam hal kehadiran dan pengaruh perusahaan teknologi Amerika di China," Nina Xiang, pakar teknologi dan modal ventura China, dan pendiri perusahaan pemantauan intelijen buatan yang berbasis di Hong Kong, China Money Network, kepada FOX Business. "Ini bukan yang paling bergantung pada China dalam hal pendapatan, tetapi Microsoft telah menjadi semacam panutan inspirasional untuk kancah teknologi China sejak hari pertama."

Menggunakan pengaruh dengan Beijing selama hampir tiga dekade telah menjadi pusat keberhasilannya di negara yang dikontrol ketat. Tidak seperti perusahaan teknologi besar AS lainnya yang menolak untuk mengikuti aturan, perusahaan yang berkantor pusat di Washington telah berhasil menemukan solusi dengan menyumbang sekitar 10% dari perkiraan pendapatan tahunan Microsoft sebesar USD125 miliar.


4. Membantu China Melawan Malaria dan Tuberkolosis

Yayasan Bill dan Melinda Gates mengatakan akan memberikan $50 juta (€45 juta) untuk mendukung upaya China memerangi malaria dan tuberkulosis.

Institut Penemuan Obat Kesehatan Global (GHDDI) adalah kelompok berbasis di Beijing yang didirikan oleh Bill Gates, pemerintah kota Beijing dan Universitas Tsinghua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)