Miliarder AS Bill Gates Temui Presiden Komunis China Xi Jinping di Beijing, Ada Apa?

Jum'at, 16 Juni 2023 - 16:56 WIB
loading...
Miliarder AS Bill Gates Temui Presiden Komunis China Xi Jinping di Beijing, Ada Apa?
Miliarder Amerika Serikat Bill Gates (kiri) menemui Presiden China Xi Jinping di Beijing. Foto/via The Independent
A A A
BEIJING - Miliarder Amerika Serikat (AS) yang juga salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, menemui Presiden China Xi Jinping di Beijing hari ini (16/6/2023).

Pertemuan Gates dan pemimpin komunis itu berlangsung setelah Bill and Melinda Gates Foundation menjanjikan USD50 juta untuk membantu upaya China memerangi penyakit.

Gates, salah satu orang terkaya di dunia, termasuk di antara sejumlah pemimpin bisnis Barat yang mengunjungi China sejak negara itu mengakhiri kontrol Covid-19 yang ketat yang membuatnya sebagian besar tertutup dari dunia selama hampir tiga tahun.

Kunjungan tersebut adalah yang pertama bagi Gates ke negara itu dalam empat tahun.



Media pemerintah China mengatakan pada hari Jumat bahwa kunjungan tersebut termasuk pertemuan yang jarang terjadi antara kepala negara China dan seorang pemimpin bisnis asing.

"Pada 16 Juni, Presiden Xi Jinping bertemu dengan co-chairperson Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates, di Beijing," bunyi siaran media negara China, CCTV.

Pertemuan itu dilakukan menjelang kunjungan yang diharapkan ke China oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Minggu.

Ini juga menyusul pengumuman kemarin oleh Bill and Melinda Gates Foundation bahwa mereka akan memberikan USD50 juta untuk mendukung upaya China memerangi malaria dan tuberkulosis.

Yayasan Bill Gates tersebut mengumumkan akan memperbarui kolaborasi dengan Institut Penemuan Obat Kesehatan Global (GHDDI)—sebuah kelompok berbasis di Beijing yang didirikan oleh Gates, pemerintah kota Beijing dan Universitas Tsinghua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)